Viral, Salah Satu Kru Film Penyalin Cahaya Diduga Jadi Pelaku Kekerasan Seksual

0

Viral, Salah Satu Kru Film Penyalin Cahaya Diduga Jadi Pelaku Kekerasan SeksualGaekon.com – Nama kru film Penyalin Cahaya mendadak viral di media sosial. Pria berinisial H itu dikabarkan menjadi pelaku dugaan kasus kekerasan seksual di masa lalu.

Melansir dari Tempo, Kabar tentang H beredar di Twitter sejak Senin, 10 Januari 2022 setelah produser dan sutradara Penyalin Cahaya mengumumkan kejadian tersebut dan menghapus namanya dari kredit film.

Perkara kru Penyalin Cahaya tersangkut kasus kekerasan seksual, oke kita respek langkah damage controlnya. Tapi isu orang ini predatory sudah berkeliaran sejak 2019. Kalau team anggap isu kekerasan seksual penting dan dekat kenapa orang ini berada di posisi sentral dari awal?” cuit @clone***.

H sendiri merupakan penerima Piala Citra dalam Festival Film Indonesia atau FFI 2021.

Terduga pelaku pelecehan seksual: H. Orang ini sempat dapat penghargaan di Piala Citra 2021, dan naik ke atas panggung. The irony,” cuit @dew***.

Kru film sudah menghapusnya di Wikipedia versi Bahasa Indonesia. Dari keterangan di bawahnya, terlihat ada upaya menyunting naskah di Wikipedia.

Bahkan di Netflix, namanya juga sudah dihapus dari kredit film tersebut. Film Penyalin Cahaya rencananya bisa disaksikan di Netflix pada 13 Januari 2022.

H kini sudah memproteksi akun media sosialnya setelah namanya beredar kencang di Twitter. Hingga sekarang, kru Penyalin Cahaya masih belum membuka jelas nama dan kasusnya di publik.

Kru Film Dilaporkan Melakukan Kekerasan Seksual Di Masa Lalu

Sebelumnya, produser, yakni Rekata Studio dan Kaninga Pictures, serta sutradara film, Wregas  Bhanuteja mengumumkan mereka mendapat laporan dari sebuah komunitas pengelola korban kekerasan seksual.

Kabar itu menyebutkan H dilaporkan sebagai pelaku kekerasan seksual di masa lalu. Ironisnya, film Penyalin Cahaya dibuat sebagai kampanye penghentian kekerasan seksual.

“Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio,” tulis Rekata Studio dan Kaninga Pictures di akun Instagram mereka.

D For GAEKON