Jalani Sidang Pledoi, Kuasa Hukum Herry Wirawan Minta Hakim Jatuhi Pidana Yang Adil

0

Jalani Sidang Pledoi, Kuasa Hukum Herry Wirawan Minta Hakim Jatuhi Pidana Yang AdilGaekon.com – Hari ini, Kamis (20/1) terdakwa kasus pemerkosaan terhadap santriwati di pondok pesantren di Kota Bandung, Herry Wirawan akan menjalani sidang lanjutan di PN Bandung.

Melansir dari Kumparan, agenda sidang kali ini yaitu pembacaan pleidoi. Kuasa hukum Herry Wirawan, Ira Margaretha Mambo akan meminta majelis hakim menjatuhkan pidana yang adil bagi kliennya.

“Kalau (meminta) seadil-adilnya, sudah pasti,” kata Ira.

Dalam nota pembelaan, Ira akan menyampaikan simpulan dari analisis hukum yang telah dilakukan dengan didasarkan keterangan para saksi yang dihadirkan di persidangan.

“Simpulan kami, analisis hukum kami dari kesaksian, ahli dan dakwaan serta tuntutan akan kami tuangkan di nota pembelaan kami,” tuturnya.

Menurut Ira pengadilan merupakan lembaga untuk mengadili bukan menghukum terdakwa. Sehingga wajar apabila dirinya meminta majelis hakim menjatuhkan pidana yang adil pada kliennya.

“Memang pengadilan itu lembaga untuk mengadili bukan menghukumi jadi sehingga kalaupun kami memohon hukuman yang seadil-adilnya, ya wajar. Seadil-adilnya saja,” katanya.

Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati, Kebiri Kimia, Dan Pemiskinan

Sebelumnya, dalam sidang tuntutan di PN Bandung, Selasa (11/1), Herry dituntut hukuman mati. Tuntutan hukuman mati sekaligus kebiri kimia dan pemiskinan ini baru pertama kali terjadi.

JPU mengungkap pertimbangan hukuman mati dan kebiri kimia terhadap Herry Wirawan. Pertama, hal yang dinilai memberatkan adalah Herry telah menggunakan simbol agama dalam lembaga pendidikan sebagai alat untuk memanipulasi perbuatannya hingga korban teperdaya.

Kedua, perbuatan Herry dapat menimbulkan dampak luar biasa di masyarakat dan mengakibatkan korban terdampak psikologisnya.

D For GAEKON