Kutukan Bagi Pemain Afrika, Sulit Sukses di Persebaya

0

Bergabungnya gelandang berkewarganegaraan Mali, Makan Konate, ke dalam squad Persebaya Surabaya, diharapkan mampu mendobrak kisah pemain asal Afrika yang selama ini sulit untuk sukses ketika membela Tim Bajul Ijo. Hal ini dikarenakan tidak ada pemain asal Afrika yang pernah menikmati kasta tertinggi bersama Persebaya.

Konate merupakan pemain ke-15 asal Afrika, sekaligus pemain asing ke-77 yang pernah direkrut tim sepakbola kebanggan Kota Surabaya itu. Persebaya pertama kali merekrut pemain asing asal Afrika dengan mendatangkan Joseph Lewano (Kamerun), Ali Shaha (Burkina Faso), dan Musa Kallon (Siera Leone).

Sejauh ini, Musa Kallon dapat dianggap sebagai pemain Afrika oaling sukses bersama Persebaya. Berposisi sebagai striker, Musa bersama Persebaya berhasil finis di posisi kedua dibawah PSIS Semarang, musim 1998-1999.

Pemain Afrika berikutnya seperti Brice Fomegne (Kamerun), Anthony Jommah Ballah (Liberia), Auguntine Kettor (Liberia), Batang Baissom (Kamerun), Frank Bamidele Bob Imanuel (Nigeria), dan Raymond N’Sangue (Kamerun), masih belum memberikan hasil yang lebih baik.

Pemain terakhir asal Afrika yang bergabung dengan Persebaya adalah striker asal Guinea-Bissau, Amido Balde pada musim 2019. Sayang performa moncernya di pra musim malah menurun ketika menjalani Liga 1 musim 2019.

Bicara mengenai pemain asing, fakta mengatakan bahwa prestasi Persebaya lebih moncer ketika merekrut pemain dari benua Amerika Latin. seperti pemain asal Brasil, Argentina, Chile, Paraguay dan lainnya.

Dua gelar yang didapatkan dalam era Liga Indonesia sejak 1994 menjadi bukti nyata. Pun demikian ketika menjuarai Liga Indonesia 1996-1997 dan Divisi Utama 2014, ada jajaran pemain Amerika Latin di sana.

Di musim 1996-1997, ada trio Brasil : Jacksen F. Tiago, Carlos de Melo dan Kustino Pinheiro. Untuk musim 2004 malah tercatat total tujuh pemain Amerika Latin. Empat di antaranya adalah pemain Brasil, yaitu Danilo Fernando, Ricardo Ramos, Luciano da Silva dan Cristiano Zara. Dari Chile ada Christian Carrasco dan Leonardo Gutierrez. Sedang pemain berpaspor Argentina diwakili Rodrigo Gauna.

Sejarah ini akan menjadi tantangan bagi Makan Konate. Diharapkan dengan kualitas permainannya, Konate dapat mencatat sejarah baru sebagai pemain Afrika pertama yuang dapat menghantarkan Persebaya Surabaya meraih gelar juara.

W for GAEKON