Lakukan Investigasi, PBB “Turun Gunung” Di Gaza

0

Lakukan Investigasi, PBB “Turun Gunung” Di GazaGaekon.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan melakukan investigasi dugaan kejahatan hak asasi manusia (HAM) di pertempuran 11 hari antara Israel dan Hamas di Gaza, Palestina.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNBC, PBB akan “turun gunung” di Gaza, Palestina untuk melakukan investigasi tersebut. Komisaris Tinggi PBB untuk HAM Michelle Bachelet mengatakan bahwa pihaknya telah memverifikasi 270 kematian di Gaza.

“Kami telah memverifikasi 270 kematian di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem, 68 diantaranya anak-anak. Sementara itu roket Hamas ke Israel telah membunuh 10 warga,” ungkapnya.

PBB mengatakan bahwa serangan Israel di Gaza dan serangan Hamas ke Israel mungkin saja telah melanggar hukum internasional mengenai perang, di mana kedua pihak menargetkan warga sipil.

Hamas yang mengatur wilayah Jalur Gaza, menyebut tindakan kelompok mereka sebagai perlawanan yang sah. Kubu Organisasi Islam Internasional (OIC) yang mendukung Palestina juga mengatakan bahwa PBB tidak melihat secara jernih bahwa Israel lah yang melakukan kejahatan.

“Sayangnya, para pejuang HAM global mengaku dirinya terus melindungi penjajah dari akuntabilitas global,” kata Duta Besar Pakistan untuk OIC, Khalil Hashmi.

Di sisi lain, Israel menolak penyelidikan yang diadopsi dari forum itu dan mengatakan tidak akan bekerja sama. Negeri itu menuding forum PBB menutupi genosida yang dilakukan organisasi teroris.

“Keputusan memalukan hari ini adalah contoh lain dari obsesi anti-Israel Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang terang-terangan,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Kementerian luar negeri Israel mengatakan pasukannya bertindak sesuai dengan hukum internasional. Pihaknya mengklaim membela warganya dari tembakan roket Hamas.

D For GAEKON