Mirip Diskotek, Lampu Warna Warni Dalam Masjid Istiqlal Mendadak Jadi Perbincangan Warganet

0

Mirip Diskotek, Lampu Warna Warni Dalam Masjid Istiqlal Mendadak Jadi Perbincangan WarganetGaekon.com – Lampu warna-warni di ruang ibadah utama Masjid Istiqlal belakangan ini ramai jadi perbincangan. Banyak warganet yang salah fokus dan menilai seperti lampu disko.

Video yang memperlihatkan wujud lampu itu viral di media sosial. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan bahwa lampu itu merupakan bagian dari teknologi baru.

Pengurus Masjid Istiqlal : Lampu Tersemat Saat Revitalisasi Masjid

Lampu warna-warni itu tersemat saat revitalisasi besar-besaran masjid. Namun, pengurus tidak paham bagaimana teknologi itu bekerja.

“Kalau kami enggak ngerti masalah teknologinya. Yang jelas yang kami tahu listriknya ramah lingkungan, watt-nya kecil, nyalain dan matiin pakai aplikasi, yang pasti lebih indah,” kata Abu Hurairah.

Dalam video yang beredar terlihat sejumlah perempuan tengah berfoto-foto di ruang ibadah utama masjid. Di arap ruang utama itu terlihat lampu berubah warna-warni dari merah, biru, hijau secara bergantian.

Dari caption video yang beredar, sebagian menyayangkan lampu di Masjid Istiqlal itu justru lebih mirip lampu disko di diskotek dibanding di masjid.

Abu Hurairah tak mengerti betul bagaimana proses pergantian lampu itu bisa bekerja. Dia menyebut, untuk lebih jelas bisa meminta penjelasan lebih detail kepada PT Waskita Karya yang melaksanakan proyek revitalisasi Masjid Istiqlal.

“Kalau mau jelasnya tanya Waskita Karya yang punya proyek ya,” tambah dia.

Menurut akun instagram Kementerian PUPR — yang merevitalisasi Masjid Istiqlal — lampu berteknologi baru itu berada di sejumlah lokasi. Secara umum, teknologi ini diberi nama smart lighting.

Ribuan lampu di Masjid Istiqlal diberikan IP Address yang masing-masingnya mengendalikan 20 lampu. Settingan lampu lalu diatur melalui aplikasi Pharos dari smartphone yang khusus dipegang pengelola Masjid Istiqlal.

Lokasi lampu pintar ini ada di ruang ibadah utama, di kubah dalam, dan kubah luar. Lampu ini menggunakan LED red green blue amber white (RGBAW).

RGBAW memungkinkan lampu bisa memancarkan warna merah, hijau, biru, amber, dan white, seperti yang terlihat dalam video yang beredar. Berkat teknologi ini, Masjid Istiqlal kini terlihat semakin indah dan nyaman untuk beribadah.

D For GAEKON