Libatkan Berbagai Elemen 63 Kelurahan di Surabaya Kasus COVID-19 Dinyatakan Nol

0

Libatkan Berbagai Elemen 63 Kelurahan di Surabaya Kasus COVID-19 Dinyatakan NolGaekon.com – Keseriusan Kota Surabaya untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19 terus dilakukan. Apalagi tren kasus penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya dilaporkan terus mengalami penurunan. Merujuk dari data Pemkot Surabaya per 21 Oktober 2020, sebanyak 63 kelurahan di Surabaya sudah dinyatakan nol kasus.

Menurut keterangan dari Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, pihak Pemkot sejauh ini tidak mengendorkan berbagai upaya. Dari mulai penguatan upaya promotif dan preventif sosialisasi protokol kesehatan akan tetap terus dilakukan.

“Sehingga dapat menurunkan risiko penularan di masyarakat,” kata Febri, Kamis (22/10/2020), dikutip dari SurabayaTribunnews.

Iya juga menjelaskan, berbagai langkah dan upaya sosialisasi protokol kesehatan itu terus dilakukan diberbagai sektor seperti di lingkungan kampung-kampung dan dilakukan secara intensif dan masif.

Dalam hal ini peran tidak hanya diwujudkan oleh Pemkot Surabaya saja, berbagai peran tersebut juga melibatkan berbagai elemen dan unsur yang berada di kampung. Apalagi saat ini sudah ada kampung tangguh yang terbentuk.

Kemudian, dalam upaya meningkatkan pemeriksaan tes swab juga masif dilakukan, terutama terhadap masyarakat yang memiliki angka risiko terkonfirmasi lebih tinggi. Swab test itu juga berkoordinasi dengan pihak puskesmas di berbagai wilayah.

“Dan mensyaratkan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif bagi pelaku perjalanan. Terutama bagi warga yang baru pulang dari berpergian atau warga luar kota yang menginap di Surabaya,” terang Febri.

Dirinya mengatakan, langkah lain yang dilakukan yaitu terus melakukan monitoring. Khususnya, pergeseran status pelaku perjalanan, kontak erat maupun suspek atau probable di masing-masing kelurahan untuk terus mendeteksi dini.

“Terakhir melibatkan peran aktif Karang Taruna, PKK, Remas dan organisasi kemasyarakatan untuk menerapkan Program Sehat Mandiri, Bebas dari Covid-19 berbasis keluarga,” ungkap Febri.

Z For GAEKON