Lindungi Personel Koalisi Amerika, Biden Luncurkan Serangan Udara Di Suriah

0

Lindungi Personel Koalisi Amerika, Biden Luncurkan Serangan Udara Di SuriahGaekon.com – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memerintahkan untuk melakukan serangan udara guna mengincar milisi dukungan Iran di Suriah timur Pada Kamis (25/2).

Seperti yang dilansir dari beberapa media AS dari pejabat Pentagon, bahwa serangan itu memang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden.

“Serangan itu, diperintahkan oleh Presiden Joe Biden, menghancurkan banyak fasilitas,” kata John Kirby selaku pejabat Pentagon.

Serangan pada Kamis, 25 Februari 2021 malam itu digambarkan sebagai ‘serangan terhadap sebuah situs di Suriah yang terkait dengan milisi dukungan Iran’.

Serangan ini terjadi setelah serangkaian serangan roket baru-baru ini mengincar pasukan AS di Irak. John Kirby mengatakan tanggapan militer AS yang proporsional ini dilakukan bersama dengan langkah-langkah diplomatik termasuk konsultasi dengan mitra koalisi.

“Operasi tersebut mengirimkan pesan yang jelas: Presiden Biden akan bertindak untuk melindungi personel koalisi Amerika,” ujarnya.

Serangan udara ini merupakan aksi militer pertama yang dilakukan oleh pemerintahan Biden. Dalam minggu-minggu pertama Biden telah menekankan niatnya untuk lebih fokus pada tantangan yang ditimbulkan oleh China, bahkan ketika ancaman Timur Tengah masih ada.

Keputusan Biden untuk menyerang di Suriah tampaknya tidak menandakan niat untuk memperluas keterlibatan militer AS di wilayah tersebut, melainkan untuk menunjukkan keinginannya membela pasukan AS di Irak.

Ini bukan pertama kalinya AS menyalahkan Iran atas serangan terhadap pasukan dan kontraktor Amerika di negara tetangga Irak. Sebelumnya AS di bawah pemerintahan Donald Trump menargetkan milisi Kataib Hezbollah dan Unit Mobilisasi Populer Syiah (PMU) lainnya, yang berpuncak pada pembunuhan seorang Jenderal.

Sebelumnya, Pada 15 Februari, tiga roket 107 mm menghantam pangkalan udara Irak di Irbil di mana pasukan AS berpangkalan. Serangan roket itu menewaskan satu kontraktor koalisi pimpinan AS dan melukai seorang anggota layanan AS dan lainnya.

D For GAEKON