MA Izinkan Sidang Langsung Bagi Mereka Yang Terkendala Secara Daring

0

MA Izinkan Sidang Langsung Bagi Mereka Yang Terkendala Secara DaringGaekon.com – Disaat semua kegiatan masyarakat di luar dibatasi, seluruh perusahaan menerapkan Work From Home (WFH), anak-anak sekolah belajar dari rumah, sejumlah tempat ibadah ditutup namun berbalik dengan aturan yang diterapkan Mahkamah Agung (MA).

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, MA justru mengizinkan semua lembaga peradilan di bawah naungannya menggelar sidang secara langsung selama PPKM Darurat.

Ketua MA, Syarifuddin mengatakan, sidang luring boleh digelar jika pengadilan tak bisa menggelar sidang secara daring.

Pasalnya, selama daring mereka biasanya terkendala jaringan maupun teknis lainnya. Meski demikian, Syarifuddin menghimbau agar semua pihak yang ikut persidangan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan.

“Dalam hal tidak memungkinkan untuk dilakukan persidangan secara daring … maka pimpinan satuan kerja wajib memastikan bahwa persidangan luring dilakukan dengan mengikut aturan prokes,” kata Syarifuddin.

Syarifuddin menjelaskan syarat protokol kesehatan yang harus dipatuhi yaitu semua peserta sidang telah dinyatakan negatif, paling tidak melalui tes swab antigen yang dilakukan paling tidak sehari sebelum sidang.

Sidang Langsung Merupakan Pengecualian

Sidang secara langsung itu pengecualian bagi mereka yang tidak bisa melakukan secara daring. Namun Syarifuddin tetap mengimbau semua lembaga peradilan agar menggelar sidang secara daring.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh satuan kerja pengadilan di empat lingkungan peradilan, yang berada di wilayah Jawa dan Bali agar selama masa PPKM Darurat untuk menerapkan persidangan secara daring,” jelasnya.

Syarifuddin mengatakan pelaksanaan sidang daring mengacu pada dua aturan yakni Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik dan Peraturan MA Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana secara Elektronik.

Himbauan agar tetap melaksanakan sidang secara daring adalah untuk semua lembaga peradilan di bawah MA meliputi peradilan umum, agama, militer, maupun tata usaha negara.

D For GAEKON