‘Madam’ Bansos, MAKI Tantang Keberanian Sosok Itu Untuk Tampil

0

‘Madam’ Bansos, MAKI Tantang Keberanian Sosok Itu Untuk TampilGaekon.com – Menindaklanjuti terkait Koran Tempo ‘madam’ bansos, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman meminta KPK untuk memanggil sejumlah pihak yang diduga terkait dugaan korupsi bansos.

Boyamin menyampaikan hal itu setelah muncul dua nama perihal kasus korupsi bansos. Dua nama tersebut yaitu kader PDIP, Herman Hery dan Ihsan Yunus.

Terkait laporan Koran Tempo perihal ‘madam’ bansos, Boyamin juga menantang keberanian sosok tersebut untuk tampil.

“Sekarang semua yang diduga terkait dipanggil, dimintai keterangan, setidak-tidaknya sebagai saksi. Siapa pun itu,” kata Boyamin.

Menurut Boyamin, pemeriksaan itu menjadi sarana penting bagi pihak-pihak yang diduga terlibat untuk memberikan klarifikasi agar kasus ini juga secepatnya terlihat terang. Boyamin juga mengatakan bahwa yang bersangkutan terhadap kasus ini seharusnya datangi KPK tanpa dipanggil terlebih dahulu.

“Dan juga bagi madam sendiri sarana yang bagus kalau tidak bersalah datangi ke KPK, kalau perlu tidak nunggu panggilan untuk menjelaskan semua hal,” tambahnya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Berdasarkan laporan investigasi Koran Tempo, sejumlah politikus PDIP diduga terlibat. Selain Juliari, ada nama Herman Hery dan Ihsan Yunus yang notabene merupakan anggota DPR.

Dalam laporan investigasi tersebut disebutkan bahwa jatah kuota 1,3 juta paket bansos diberikan kepada Herman dan Ihsan. Perusahaan yang terafiliasi dengan Herman memperoleh 1 juta paket, sedangkan sisanya untuk perusahaan yang berafiliasi dengan Ihsan.

Juliari diduga menerima fee Rp10 ribu dari setiap bansos. Total uang yang diterima mencapai Rp17 miliar dari dua paket pelaksanaan bantuan.

Kuota paket yang diperoleh Herman dan Ihsan tidak kena potongan karena ada bagian dari ‘madam’, mengacu ke seorang petinggi partai berlogo banteng tersebut.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa penyidik akan mendalami setiap informasi yang berkaitan dengan penanganan perkara bansos. Satu di antara sejumlah upaya yang dilakukan, jelas dia, adalah melalui pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

D For GAEKON