Kasus Mafia Tanah Keluarga Nirina Zubir, Sofyan A Djalil Buka Suara

0

Kasus Mafia Tanah Keluarga Nirina Zubir, Sofyan A Djalil Buka SuaraGaekon.com – Keluarga selebriti Nirina Zubir dikabarkan menjadi korban mafia tanah. Menanggapi hal tersebut, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil buka suara.

Melansir dari Kompas, Sofyan memastikan akan melakukan audit terlebih dahulu apakah ada pegawai BPN yang ikut terlibat mafia tanah dalam kasus tersebut.

Selain itu, Sofyan juga akan memastikan apakah ada kelalaian dari pihak BPN saat melakukan pengalihan sertifikat tanah.

“Apakah ada pelanggaran prosedur waktu pengalihan sertifikat kami belum tahu, nanti kita akan audit dahulu apakah ada BPN yang ikut terlibat,” ujarnya.

Ada dugaan lain yang bisa saja terjadi dalam kasus ini seperti keterlibatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), namun tanpa adanya keterlibatan pegawai BPN. Kasus tersebut telah dilaporkan oleh Nirina ke Polda Metro Jaya pada Juni 2021 lalu.

Kronologi Mafia Tanah Yang Menimpa Nirina Zubir

Sebelumnya diberitakan, mendiang ibunda Nirina, Cut Indria Marzuki, menjadi korban mafia tanah. Tindakan itu diduga dilakukan oleh orang terdekat mendiang ibunda Nirina yaitu Riri Khasmita yang tak lain merupakan asisten rumah tangga.

Riri Khasmita sudah bekerja dengan Ibunda Nirina sejak tahun 2009. Nirina menerangkan ada enam aset berupa surat tanah yang telah digelapkan oleh Riri Khasmita. Dua aset tanah kosong telah dijual, sedangkan empat aset tanah dengan bangunan telah diagunkan ke bank.

Keenam aset tersebut sudah berganti kepemilikan menjadi nama Riri Khasmita. Nirina memperkirakan kerugian akibat insiden itu mencapai Rp 17 miliar.

“Kurang lebih Rp 17 miliar (kerugian). Kami berharap semua balik ke keluarga kami, kepada ahli waris,” ucap Nirina.

D For GAEKON