Makan Bersama Di Pesta Ulang Tahun, 47 Orang Di Papua Keracunan

0

Makan Bersama Di Pesta Ulang Tahun, 47 Orang Di Papua KeracunanGaekon.com – Sebanyak 47 orang diduga keracunan makanan saat menghadiri acara pesta ulang tahun. Kejadian ini terjadi di SP 2 Jalur 2 Jalan Rambutan, Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa puluhan orang itu terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Korban dari kejadian tersebut sebanyak 47 orang  terdiri atas anak-anak 35 orang dan 12 orang dewasa,” terangnya.

Polisi mendapat laporan dari masyarakat telah terjadi keracunan di pesta ulang tahun pada Sabtu (27/2) sekitar pukul 20.30 WIT. Tim gabungan personel Polres Mimika dibantu Polsek Mimika Baru mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

“Mengevakuasi korban ke rumah sakit serta klinik terdekat sekitar pukul 21.00 WIT,” ungkap Ahmad.

Ahmad khawatir ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Mimika.

Pihak kepolisian akan bekerja sama dengan petugas kesehatan untuk mencari tahu penyebab keracunan itu.

Namun saat ini, Ahmad menegaskan bahwa seluruh korban telah mendapat perawatan. Mereka dirawat di RS Mitra Masyarakat, RS Candra, dan Klinik Medicine Center.

Awalnya, peristiwa itu bermula pada Sabtu, 27 Februari 2021 sekitar pukul 07.00 WIT. Ada seorang saksi bernama Ani membantu memasak bersama pemilik rumah, Sakir (32) dan tetangga lainnya. Makanan untuk disajikan pada acara ulang tahun seorang anak.

Acara ulang tahun itu dihadiri sekitar 40-50 orang, terdiri atas orang tua dan anak anak. Pesta dimulai pukul 14.00 WIT. Kemudian, pukul 16.00 WIT tamu undangan makan bersama dengan hidangan yang disiapkan tuan rumah dalam bentuk prasmanan.

Setelah selesai menyantap hidangan, tamu yang hadir diberikan bingkisan berupa nasi kuning. Namun pada pukul 20.00 WIT, anak-anak yang datang ke pesta ulang tahun banyak yang muntah dan akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

D For GAEKON