Cegah Jadi Gorengan Politik, MAKI Minta KPK Robohkan Wisma Atlet Hambalang

0

Cegah Jadi Gorengan Politik, MAKI Minta KPK Robohkan Wisma Atlet HambalangGaekon.com – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta bangunan Wisma Atlet Hambalang dirobohkan. Hal ini lantaran untuk mencegah kasus Hambalang menjadi gorengan politik.

Melansir dari CNN, MAKI meminta KPK untuk merobohkan wisma atlet Hambalang. Menurut Boyamin kasus Hambalang secara hukum sudah selesai.

“Perobohan ini untuk mencegah kasus Hambalang jadi gorengan politik masa-masa yang akan datang,” kata Boyamin.

KPK Masih Mengkaji Usulan Perobohan Wisma Atlet Hambalang

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan, pihaknya menerima masukan tersebut. Kendati begitu, KPK masih akan mengkaji lebih lanjut soal usulan perobohan Wisma Atlet Hambalang.

“Jadi, terkait itu tentu harus kita lihat dulu sejauh mana ya, apakah bangunan tadi itu termasuk barang bukti atau tidak,” jelas Ali.

Menurut Boyamin, pemerintahan Presiden Joko Widodo juga tak bisa melanjutkan pembangunan proyek Hambalang, karena terbentur putusan pengadilan.

Ia mengatakan, putusan yang dimaksud yakni putusan Direktur Utama PT Dutasari Citra Laras (PT DCL), Mahfud Suroso.

Dalam salinan putusan yang dibagikan Boyamin, majelis hakim menyatakan, tujuan pembangunan Wisma Atlet Hambalang tidak tercapai dan tidak memberi manfaat bagi negara.

Maka, dengan demikian, yang yang telah dikeluarkan negara menjadi sia-sia, di samping itu, bangunan yang ada tidak dapat dikategorikan sebagai aset.

Sebagai informasi, Kawasan Kompleks Hambalang merupakan proyek infrastruktur mangkrak di era SBY. Hal itu terjadi akibat kasus korupsi yang dilakukan sejumlah kadernya, termasuk Ketua Umum Anas Urbaningrum.

D For GAEKON