Man City Tumbang Oleh MU, Liverpool 6 Poin Untuk Juarai Liga Inggris

0

Manchester City harus tumbang dan menerima kekalahan 0-2 dari Manchester United di Stadion Old Trafford pada laga Liga Inggris, Minggu (8/3) malam waktu setempat. Kekalahan ini kembali menunjukkan fakta bahwa pelatih Man City, Pep Guardiola, mulai hilang kesaktian di hadapan Setan Merah.

Setidaknya demikian dalam catatan, Guardiola sudah tiga kali kalah dari skuat arahan Ole Gunnar Solskjaer dalam satu musim ini. Berdasarkan catatan itu, Guardiola untuk kali pertama dalam sejarah sepanjang kariernya paling banyak kalah dari lawan tertentu pada satu musim di seluruh kompetisi.

Total sudah empat kali Man City bersua MU musim ini. Sebanyak dua kali di Liga Inggris dan dua lainnya di Piala Liga. Man City hanya sekali menang atas Setan Merah pada leg pertama Piala Liga. Saat itu The Citizens menang 3-1 atas MU di Stadion Old Trafford.

Berikutnya pada leg kedua, Man City kalah 0-1 dari Setan Merah di Stadion Etihad. The Citizens juga kalah 1-2 dari rival sekotanya itu pada pertemuan pertama Liga Inggris di Stadion Etihad. Guardiola sebelumnya tak pernah menderita kekalahan dari satu tim sebanyak ini dalam kariernya sebagai pelatih klub sejak di Barcelona.

Sementara itu, penampilan apik Bruno Fernandes menandai kemenangan Setan Merah kali ini. Dia menyumbang satu assist untuk gol pertama MU yang dicetak Anthony Martial. Gol kedua MU dilesakkan oleh Scott McTominay memanfaatkan kesalahan fatal dari kiper The Citizens, Ederson. McTominay memanfaatkan blunder Ederson yang salah melempar bola pada masa injury time babak kedua.

Kekalahan ini membuat Man City gagal menambah perolehan poin di klasemen sementara. Man City yang nangkring di posisi kedua baru mengoleksi 57 poin dari 28 pertandingan.

Hasil negatif ini juga membuat Man City gagal memperkecil jarak poin dengan pemuncak klasemen, Liverpool. Sehari sebelumnya, The Reds memperlebar jarak atas Man City jadi 25 poin setelah mengalahkan Bournemouth 2-1 di Stadion

Liverpool hanya butuh dua kemenangan lagi untuk merengkuh gelar Liga Inggris usai kekalahan yang dialami Manchester City. Kemenangan di hadapan publik sendiri membuat Liverpool telah mengoleksi 82 poin dari 29 laga. Jumlah poin itu membuat tim kota pelabuhan hanya butuh dua kemenangan atau enam poin untuk meraih trofi yang sudah ditunggu selama 30 tahun.

Jika bisa merebut kemenangan di dua laga berikut, Liverpool akan jadi juara di markas Crystal Palace pada 21 Maret mendatang. Namun, ada skenario lain yang bisa membuat skuat asuhan Jurgen Klopp juara lebih cepat.

Liverpool bisa memastikan gelar Liga Inggris musim 2019/2020 pekan depan tanpa harus bermain. Dengan catatan Man City menelan dua kekalahan saat menjamu Arsenal (11/3) dan Burnley (14/3). Liverpool sendiri baru akan bermain kembali melawan Everton pada 16 Maret.

Jika hal itu terjadi, Man City maksimal hanya bisa mengoleksi 81 poin hingga akhir musim. Jumlah poin itu tidak akan bisa melampaui torehan 82 poin yang dimiliki Liverpool saat ini.

Klasemen Liga Inggris (sementara)

  1. Liverpool 82 poin
  2. Man City 57 poin
  3. Leicester 50 poin
  4. Chelsea 48 poin
  5. MU 45 poin
  6. Wolves 43 poin
  7. Sheffield 43 poin
  8. Tottenham 41 poin
  9. Arsenal 40 poin
  10. Burnley 39 poin
  11. Palace 39 poin
  12. Everton 37 poin
  13. Newcastle 35 poin
  14. Southampton 34 poin
  15. Brighton 29 poin
  16. West Ham 27 poin
  17. Watford 27 poin
  18. Bournemouth 27 poin
  19. Aston Villa 25 poin
  20. Norwich 21 poin

W For GAEKON