Manfaat Dibalik Merahnya Buah Bit

0
Buah bit
Sumber Foto: Umsu

Gaekon.com – Bit kerap kali disebut sebagai buah oleh kebanyakan orang. Padahal Bit termasuk tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi.

Rasanya yang cukup unik ini seringkali membuat banyak orang merasa aneh saat menyantapnya.

Padahal kalian akan sangat rugi besar jika tidak menyukai umbi-umbian yang satu ini. Bit mengandung beragam manfaat untuk kesehatan.

Sudah sejak lama Bit digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung beragam nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi.

Berikut manfaat buah Bit untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Siapa sangka dibalik merahnya buah Bit ini ternyata bisa bermanfaat untuk mencegah kanker. Klaim ini didasarkan pada hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstrak bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Efek tersebut berasal dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit.

2. Memelihara kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam bit bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna akibat peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Selain itu, senyawa betaine dalam buah bit juga dapat mengurangi kembung, mencegah intoleransi makanan, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

3. Menurunkan tekanan darah

Kandungan nitrat dalam buah Bit dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah meski hanya sedikit. Manfaat ini diduga berasal dari pigmen merah betalain dan antioksidan di dalam bit.

4. Mendukung kerja saraf dan otot

Bit kaya akan kalium yang dapat membantu saraf dan otot tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, bit juga diketahui dapat mencegah kram otot dan kelelahan.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Buah bit mengandung senyawa kimia yang dapat mengendalikan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Selain itu, bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga dapat mencegah kerusakan sel dan memperbaiki saraf yang rusak pada penderita diabetes.

 

KA For GAEKON