Ma’ruf Amin Ungkapkan Bahwa Vaksinasi Covid-19 Hukumnya Wajib Kifayah

0

Ma’ruf Amin Ungkapkan Bahwa Vaksinasi Covid-19 Hukumnya Wajib KifayahGaekon.com – Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di berbagai wilayah Indonesia kini mulai merata. Pemerintah mengeklaim butuh waktu 15 bulan untuk merampungkan proses vaksinasi kepada sekitar 181 juta penduduk Indonesia.

Baru-baru ini Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat hukumnya wajib kifayah hingga mencapai batas minimal syarat herd immunity.

Wajib kifayah atau fardu kifayah tersebut merupakan status hukum dalam Islam dimana sebuah aktivitas wajib dilakukan. Namun, kewajiban itu gugur bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain. Ma’ruf menjelaskan hal itu dalam acara Muhasabah dan Istighatsah untuk negeri yang disiarkan di kanal YouTube NU Channel pada Kamis (28/1) malam.

“Vaksinasi itu juga untuk imunisasi, mencegah. Supaya kita imun. Vaksinasi [hukumnya] wajib kifayah,” Ungkap Ma’ruf.

Apabila proses vaksinasi sudah menjangkau 70 persen atau 182 juta penduduk Indonesia, Ma’ruf mengatakan bahwa status wajib kifayah bisa berakhir.

Angka tersebut menjadi patokan bagi Indonesia untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona. Ma’ruf berpesan agar masyarakat tetap menjaga diri ditengah pandemi.

Ma’ruf meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksinasi hingga mematuhi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah ditetapkan pemerintah.

D For GAEKON