Masyarakat Dihimbau Agar Tak Booster Saat Hari H Mudik, Kemenkes: Kalau Tidak Enak Badan Jadi Tidak Nyaman Mudiknya

0

Masyarakat Dihimbau Agar Tak Booster Saat Hari H Mudik, Kemenkes: Kalau Tidak Enak Badan Jadi Tidak Nyaman MudiknyaGaekon.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau masyarakat agar tidak melakukan vaksinasi booster saat hari H mudik lebaran. Hal ini lantaran agar tidak mengganggu perjalanan mudik.

Masyarakat Dihimbau Tidak Mengandalkan Posko Booster Mudik

Melansir dari CNN, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengingatkan potensi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dengan derajat ringan maupun sedang yang akan dialami warga.

Maka dari itu dikhawatirkan malah mengganggu perjalanan mudik. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster di fasilitas kesehatan terdekat, sehingga tidak mengandalkan posko vaksinasi booster saat mudik lebaran.

“Kita mengimbau masyarakat, sekarang kalau kita mau mudik nyaman, jangan divaksin saat mau mudik, ini harus kita sampaikan. Kalau tidak enak badan, terasa pegal, pusing, kan jadi tidak nyaman mudiknya,” kata Nadia.

Nadia juga menjelaskan, secara patologi masing-masing tubuh memiliki kemampuan respons yang berbeda-beda dalam membentuk kekebalan tubuh terutama terhadap infeksi dan penularan virus corona.

Para ahli imunologi menyepakati bahwa proses pembentukan antibodi pada tubuh manusia rata-rata memakan waktu 1-2 pekan setelah penyuntikan vaksin. Dengan demikian, imunitas pasca vaksinasi tidak bisa terbentuk secara instan.

“Jadi pemberian vaksinasi pada posko vaksinasi sebenarnya adalah sebagai upaya terakhir,” katanya

Nadia menjelaskan nantinya pihaknya akan mendistribusikan sekitar 1.000 dosis vaksin booster untuk posko besar, sementara posko kecil sekitar 150-300 dosis per harinya.

Namun, ia belum bisa memastikan daftar posko mudik mana saja yang akan melakukan vaksinasi booster. Saat Ini Kemenkes masih berkoordinasi bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan TNI/Polri.

D For GAEKON