Mayoritas Pasien Corona Indonesia Dari ‘Klaster Dansa’

0
Mayoritas Pasien Corona Indonesia Dari 'Klaster Dansa'

Jakarta – Pasien positif corona yang semula empat orang kini bertambah lagi menjadi enam orang. Mayoritas pasien itu berasal dari klaster Jakarta dari kasus penyebaran kelompok dansa di Kafe Amigos.

kabar terakhir yang diikuti GAEKON, pasien terakhir yang masuk dalam klaster ‘kelompok dansa’ diberi kode kasus 5. Istilah ‘kelompok dansa’, merujuk pada kasus 1 yang melibatkan seorang warga Depok, orang pertama yang terjangkit COVID-19 di Indonesia. Saat itu, kasus 1 beraktivitas di lantai dansa.

Empat orang yang berinteraksi dengan kasus 1 itu kini diisolasi di RSPI Sulianti Saroso dan kondisinya stabil. Namun, empat orang itu juga berinteraksi dengan kelompok di luar ‘kelompok dansa’. Pemerintah saat ini mengkaji untuk membuat subklaster baru dari turunan ‘kelompok dansa.

Baik orang dari klaster dansa dan subklaster dansa telah dimintai untuk diperiksa kesehatannya. Sejauh ini mereka tidak menyampaikan adanya keluhan kesehatan.

“Hari ini dari hasil (pemeriksaan), 2 kasus positif. Yang pertama kasus 5 laki-laki 55 tahun. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus klaster Jakarta. Yang tadi kita lakukan suspect bahwa yang bersangkutan confirmed positif COVID-19,” kata jubir pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, di Istana Kepresidenan, Minggu 8 Maret 2020.

Sementara itu, berikut GAEKON rangkumkan kondisi terkini kelima pasien klaster ‘kelompok dansa’:

a. Kasus 1 (31 tahun)
Kondisi: Baik. Dalam proses tes ulang setelah perawatan. Jika dua kali tes hasilnya negatif, maka akan dipulangkan.
Lokasi: RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara

b. Kasus 2 (64 tahun)
Kondisi: Kondisi: Baik. Dalam proses tes ulang setelah perawatan. Jika dua kali tes hasilnya negatif, maka akan dipulangkan.
Lokasi: RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara

c. Kasus 3 (33 tahun)
Kondisi: influenza
Lokasi: RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara

d. Kasus 4 (34 tahun)
Kondisi: influenza
Lokasi: RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara

e. Kasus 5 (55 tahun)
Kondisi: Stabil, tidak demam, tidak batuk, tidak pilek
Lokasi: RSPI Sulianto Saroso, Jakarta Utara

Selain klaster Jakarta, ada satu pasien positif virus Corona dan diberi kode kasus 6. Dia adalah anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dan tengah menjalani isolasi di RS Persahabatan, Jakarta Timur.

Sebelumnya, konfirmasi atas deteksi corona di Indonesia bermula dari pernyataan Presiden Joko Widodo, Senin 2 Mret 2020 di Istana Merdeka, Jakarta. Usai momen itu segala hal yang terkait corona disampaikan pmerintah melalui jubir Yurianto.

K For GAEKON