Distribusi Melalui TNI Polri, Pemerintah Luncurkan Bantuan Tunai Untuk Warteg Hingga Pedagang Kaki Lima

0

Distribusi Melalui TNI Polri, Pemerintah Luncurkan Bantuan Tunai Untuk Warteg Hingga Pedagang Kaki LimaGaekon.com – Pemerintah kembali meluncurkan bantuan tunai untuk warteg, warkop maupun pedagang kaki lima. Dalam uji coba peluncuran ini akan disalurkan 1 juta paket dengan nilai Rp 1,2 juta.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Tempo, Menko Airlangga Hartanto mengatakan bahwa rencananya bantuan tunai itu akan didistribusikan melalui TNI dan Polri.

“Pagi ini kami saksikan uji coba pemberian bantuan langsung tunai kepada warteg dan warkop, pedagang kaki lima dalam bentuk tunai yang rencana distribusi melalui TNI dan Polri. Saya ditugaskan bapak Presiden bersama Menteri Keuangan untuk melihat operasional di lapangan dan uji coba sistem yang bisa direalisasikan hari ini,” kata Airlangga.

Dalam peluncuran program tersebut, Airlangga menerangkan bahwa pada uji coba peluncuran ini akan disalurkan 1 juta paket dengan nilai Rp 1,2 juta atau setara dengan bantuan presiden produktif atau BPUM.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Presiden Jokowi menginstruksikan bahwa bantuan untuk usaha kecil diberikan lagi tahun ini.

Anggaran untuk bantuan tersebut sebesar Rp 15,8 triliun. Bantuan tersebut selama ini disalurkan melalui Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan dengan dinas koperasi dan UMKM di masing-masing pemerintah daerah.

Namun kali ini, bantuan tersebut akan disalurkan melalui TNI dan Polri untuk 1 juta PKL dan UMKM. Di mana, TNI sebesar 500 ribu dan Polri 500 ribu.

“Atau berarti Rp 600 miliar buat TNI dan Rp 600 miliar buat Polri diteruskan untuk masyarakat, terutama PKL. Jadi ini dananya Rp 1,2 triliun,” kata Sri Mulyani.

Bantuan tersebut diharapkan agar pengusaha UMKM, PKL dan warteg yang terdampak Covid-19 bisa menggunakan untuk modal usaha atau bertahan hidup.

D For GAEKON