Melestarikan Budaya Ala Medoknya Crazy Rich Surabayan

0
Melestarikan Budaya Ala Medoknya Crazy Rich Surabayan

Film Carzy Rich Asians menyuguhkan pesona hedonism yang dilakukan orang-orang kaya Singapura. Lain lagi dengan fenomena para Crazy Rich Surabaya yang juwancuk sugih e, dengan medoknya yang khas ala Tionghoa Surabaya.

Tagar #CrazyRichSurabaya pertama kali diangkat oleh akun @btari_durga. Sang pemilik akun menceritakan pengalamannya sebagai guru di sebuah sekolah di Surabaya yang sering berinteraksi dengan para orang kaya Surabaya yang kadang kelakuannya tidak masuk akal, bahkan bagi nalar orang biasa seperti kita-kita ini.

Thread ini langsung menjadi viral dengan cepat. Banyak pengguna Twitter yang ikut menceritakan pengalaman mereka. Berikut penulis sertakan beberapa twit yang sanggup mengocok perut kita, sekaligus membuat kita yang membacanya merasa miskin seketika.

Melestarikan Budaya Ala Medoknya Crazy Rich Surabayan
Melestarikan Budaya Ala Medoknya Crazy Rich Surabayan

Tapi dibalik kekayaan mereka yang tajir melintir, para orang kaya ini tidak malu dengan logat Surabaya yang medok itu. Walaupun ketika dipakai dalam percakapan, seringkali bercampur dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga menjadi trilingual.

Secara tidak sadar, kebudayaan Indonesia/Suroboyan akan terbawa oleh mereka dalam gaya hidup sehari-hari. Dan semoga hal ini akan terus diturunkan kepada generasi anak mereka. Hingga kita akan dapat melihat cici-cici cantik dengan tas yang berharga ratusan juta, berjalan kesana-kemari dengan hanya menggunakan sandal jepit, sambil berbicara “Sek yo, aku tak njupuk petis sek ndek omah e Mamaku”

W For GAEKON