Mendadak Viral, Apa Sih Tanzanite Itu?

0

Gaekon.com – Beberapa hari terakhir, Tanzanite menjadi begitu familiar ditelinga warganet. Batu viral tersebut ternyata menjadi salah satu komoditas utama pertambangan batu mulia di Tanzania. Kabarnya, Tanzanite hanya ada di Tanzania. Ahli geologi setempat bahkan memperkirakan pasokannya mungkin habis dalam 20 tahun ke depan. Wajar jika batu Tanzanite ini adalah salah satu batu permata paling langka di dunia.

Kabarnya pada jutaan tahun yang lalu, Gunung Kilimanjaro merupakan sumber dari Kristal zoisite yang berada di bawah tanah. Walaupun berada di bawah tanah yang dalam, batu permata ini sering ditemukan tepat berada di permukaan bumi  di antara rumput dan bebatuan. Tidak hanya itu saja, Tanzanite digolongkan sebagai salah satu ‘Big Five Gem‘ bersama dengan berlian, rubi, safir, dan zamrud. Dalam menentukan harganya, nilainya ditentukan jika semakin halus warna atau kejernihannya, maka semakin tinggi harganya.

Sebagai informasi bahwa nama Tanzanite Stone sendiri diberikan oleh Tiffany&Co untuk batu permata berjenis mineral zoisite. Penamaan Tanzanite Stone sendiri diberikan dengan alasan komersial untuk bisa lebih menarik konsumen.

Terkait warna biru dari batu Tanzanite tersebut diketahui bahwa berasal dari kandungan vanadium dalam struktur mineral zoisit. Proses pemanasan mineral zoisit yang mengandung vanadium dalam suhu hingga 600 derajat celsius selama 30 menit akan menghasilkan warna biru.

Selain itu, Tanzanite Stone juga memiliki tiga warna yang berbeda jika dilihat dengan tiga sudut pandang yang berbeda, yaitu biru, ungu tua, dan kemerahan. Karena itulah Tanzanite disebut juga dengan Trichroic Material. Tanzanite berkualitas tinggi bisa berwarna biru violet, sehingga bentuknya mirip dengan warna safir halus atau warna rona violet yang unik dan dominan. Beberapa batu juga mungkin tampak lebih keunguan tergantung pada cara pemotongannya.

American Gem Trade Association pada tahun 2002 memilih Tanzanite Stone sebagai December Birthstone atau batu kelahiran bulan Desember dengan bintang Capricorn.

Z For GAEKON