Menhan Prabowo Serahkan 53 Rumah Khusus Untuk Ahli Waris Prajurit KRI Nanggala 402

0

Menhan Prabowo Serahkan 53 Rumah Khusus Untuk Ahli Waris Prajurit KRI Nanggala 402Gaekon.com – 53 Rumah khusus (rusus) untuk keluarga atau ahli waris prajurit KRI Nanggala 402 resmi diserah terimakan pada Rabu (20/4) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Melansir dari Kompas, Penyerah terimaan kunci simbolis dilakukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati.

Yusniewati menjelaskan bahwa terdapat empat tipe rusus dengan luas yang berbeda. 1 rusus tipe 90 dengan luas 320 meter persegi untuk keluarga perwira tinggi dan 7 rusus tipe 72 dengan luas 280 meter persegi untuk keluarga perwira menengah.

Selanjutnya 10 rusus tipe 54 seluas 280 meter persegi untuk keluarga perwira pertama dan 35 rusus tipe 45 seluas 230 meter persegi untuk keluarga prajurit bintara, tamtama dan PNS.

Kementerian PUPR juga turut membangun berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan dan keamanan bagi penghuni. Ada fasilitas pos keamanan, jalan lingkungan, penerangan jalan umum hingga gedung serbaguna.

“Semoga memberikan manfaat bagi seluruh ahli waris prajurit yang gugur,” kata Yusniewati.

Pesan Prabowo

Menteri Prabowo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelesaian pembangunan Rusus KRI Nanggala 402.

Prabowo turut berpesan agar rusus dijaga dan dirawat dengan baik sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi, loyalitas dan semangat prajurit yang gugur.

“Saya berpesan agar dijaga dan dirawat dengan baik. Ini adalah upaya kita semua dalam mengenang dan menghormati jasa dan pengorbanan pahlawan bangsa dalam menjaga perairan Indonesia,” tanda Menhan Prabowo.

Pengadaan rusus tersebut adalah sebagai bentuk penghormatan kepada awak kapal perang yang telah gugur saat melaksanakan latihan di Laut Bali pada 21 April 2021 lalu.

Pembangunan rusus ini berada di bawah tanggung jawab Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa IV (Jawa Timur-Bali), Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR dengan biaya APBN senilai Rp 14,2 miliar.

Adapun masa pelaksana pekerjaan dilakukan sejak bulan Agustus 2021 dan dinyatakan rampung seluruhnya pada Januari 2022.

D For GAEKON