Menhub Budi: Tol Gratis Apabila Macet Di Gerbang Lebih Dari 1 Km Saat Mudik

0

Menhub Budi: Tol Gratis Apabila Macet Di Gerbang Lebih Dari 1 Km Saat MudikGaekon.com – Guna mencegah potensi kemacetan ketika puncak arus balik mudik lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengatur sejumlah strategi. Salah satunya pembebasan tarif tol apabila kemacetan di gerbang tol melebihi 1 km.

Melansir dari Kumparan, hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Kalau di tol sudah ada kesepakatan. Kalau macet di gerbang lebih dari 1 km, bebas,” ujar Budi.

Budi menerangkan kebijakan tersebut adalah upaya pemerintah, sehingga para pengelola jalan tol dapat bekerja optimal saat arus mudik berlangsung.

“Ini adalah salah satu cara kita menuntut para pengelola tol bekerja baik. Kalau (kerjanya) baik, enggak bakal macet,” katanya.

Menhub Memperkirakan Arus Mudik Naik 40 Persen

Budi memperkirakan arus mudik akan naik hingga 40 persen dibandingkan tahun 2019 saat sebelum pandemi Covid-19. Dengan adanya kenaikan jumlah pemudik ini, Menhub memprediksi bisa terjadi kemacetan saat puncak mudik yang akan terjadi pada tanggal 29-30 April 2022.

“Pak Presiden khawatir sekali. Kita lakukan simulasi dengan berbagai empat rekayasa, yaitu ganjil genap, contra flow, one way dan juga tidak memperbolehkan truk masuk tol,” tambahnya.

Budi pun mengimbau masyarakat, agar mudik lebih awal sebelum arus puncak mudik.

D For GAEKON