Menikah Dengan Bule Cantik, Banyak Senengnya Atau Dukanya Sih?

0

Menikah Dengan Bule Cantik, Banyak Senengnya Atau Dukanya Sih?Gaekon.com – Banyaknya pria Indonesia yang meniti takdir menikahi wanita WNA. Diantaranya, empat pria berikut ini. Mereka menikah dengan bule cantik. Lalu, banyak sukanya apa dukanya sih kalau istri mereka berstatus WNA?

Agus (30 tahun) yang menikah dengan bule Jerman bernama Viola (32) mengungkapkan memiliki istri warga negara asing sebenarnya tidak banyak duka yang dirasakannya. Kalaupun ada yang menghambatnya adalah masalah bahasa.

“Secara general mungkin capek aja ngomong pakai bahasa asing, kalau kita mau bahas sesuatu yang penting nggak lepas itu aja sih. Ibaratnya kalau mau berpendapat kita kepengin dia benar-benar mengerti. Karena keterbatasan bahasa Inggrisnya sama-sama masih meraba. Banyak miss komunikasi, kulturnya juga kan berbeda, banyak yang nggak pas. Harus bisa menerima juga perbedaan itu, kultur dan bahasa,” kata pria yang bersama istrinya Viola membuat channel YouTube bernama VIGUS GITANO itu.

Sedangkan sukanya menikah dengan wanita asing menurut Agus, ketika berpendapat, istrinya lebih suka langsung pada pokok permasalahan. “Karena to the point. Nggak ada kayak drama suami istri di Indonesia” ungkap Agus.

Pasangan selanjutnya Bayu Hadi Surya dan Cristina Surya. Mereka mempunyai akun Youtube ‘Mba Tina Bule’ yang sudah mempunyai lebih dari 261 ribu subscribers. Tina dan Bayu juga sudah dikaruniai jagoan kecil bernama Frederick Tudor Surya.

Pasangan Indonesia dan Rumania itu pun menceritakan suka duka dalam menjalin hubungan. “Seperti any relationship, pasti ada suka dukanya, tapi above all harus berkomunikasi dengan baik walaupun kadang-kadang ada masalah,” jelas Tina.

Sedangkan menurut Bayu, duka yang dirasakan saat memiliki istri bule adalah perbedaan cara berbicara. “Kalau orang bule, kalau ngomong beda sama orang Asia. Mereka kalau ngomong terlalu frontal dan terus terang. Mungkin karena budayanya. Apalagi ngobrol sama teman dan keluarganya teriak-teriak kayak orang berantem,” ujar Bayu seraya tertawa.

Bayu juga sempat merasakan susahnya Tina menyantap makanan Indonesia. “Tina kalau makan cabai kayak orang alergi, stres dan mau muntah. Akhirnya sudah mau mulai sedikit-sedikit,” ujarnya.

Kalau sukanya, Bayu mengatakan, berbeda dengan orang Indonesia yang kalau liburan lebih senang ke luar negeri, istrinya sudah senang saat diajak berwisata ke tempat yang sederhana. “Ajak aja ke Taman Safari dan Pantai Anyer itu sudah jadi pengalaman baru bagi Tina. Sukanya lagi, karena bule ngomong apa adanya gitu, jadi terus terang dan komunikasinya lebih terbuka,” tuturnya.

Pria berikutnya yang menikahi bule adalah Tomy Budi Sutisna. Tommy menikah dengan wanita asal Belanda Tessa Koene pada 2018. Keduanya pun eksis di Youtube dengan nama channel ‘Tess & Tom’ yang memiliki lebih dari 5.000 subscriber.

“Sukanya, biasanya mereka independent banget. Terus kalau orang Belanda itu terstruktur. Mindsetnya bagus. Seru work hard tapi play hard juga jadi balance,” kata Tomy.

Dia menambahkan untuk dukanya memiliki istri berkewarganegaraan asing adalah Tessa sulit diajak rileks. “Mereka stres levelnya tinggi,” ucapnya.

Dan kata Tommy untuk mengurus pernikahan dengan wanita asing juga tak mudah. “Ngurusin masalah administrasi buat nikah ribet banget dari mulai RT, RW, Kelurahan, KUA, Kemenkumham, Kemenlu, Kedutaan, Disdukcapil, Imigrasi, Kantor Polisi. Nanti plus izin tinggal tiap tahun harus perpanjang,” ujar Tommy yang kini tinggal di Bandung bersama Tessa.

Pasangan yang terakhir adalah Danil Gustian (25 tahun) asal Sumatera Barat dan Clementin Vincent (21 tahun) dari Prancis. Keduanya juga memiliki channel Youtube bernama ‘Clem Bule Minang’ yang sudah memiliki lebih dari 25.600 Subscribers.

Ketika ditanya soal suka dan dukanya dalam menjalin hubungan, Danil mengatakan tak ada hambatan yang dirasakan. “Alhamdulillah kami saling mengerti satu sama lain tentang adat, jadi kami tidak ada duka. Tentang kesukaan, itu lebih dari luar biasa. Kami bahagia dan saling mengerti,” tutup Danil yang kini tinggal di Prancis bersama istrinya, Clem.

K For GAEKON