Menjerit Kesakitan, Viral Video Satwa Langka Simpai Disiksa

0

Menjerit Kesakitan, Viral Video Satwa Langka Simpai DisiksaGaekon.com – Beredar luas video terkait sejumlah warga menganiaya seekor satwa langka jenis simpai atau primata jenis surili sumatera. Mereka melakukan penyiksaan hingga satwa tersebut menjerit kesakitan.

Jika dilihat dari suara sejumlah orang yang terdengar dalam video tersebut, lokasinya diduga di Sumatera Barat.

Dari video yang diunggah akun Instagram @jakartaanimalaidnetwork memperlihatkan sejumlah orang menyakiti satwa langka itu dengan menarik-narik ekornya. Mendengar jeritan satwa simpai itu sejumlah pelaku justru tertawa melihat satwa tersebut kesakitan.

Penjaga Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ade Putra mengonfirmasi bahwa saat ini pihaknya masih mencari informasi lebih lanjut terkait lokasi penyiksaan simpai tersebut.

“Bagi masyarakat yang mengetahui mohon bantuannya untuk memberikan informasi kepada BKSDA dan pihak kepolisian terdekat,” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Sumbar untuk melakukan penelusuran.

Simpai atau surili sumatera adalah salah satu satwa endemik pulau Sumatra. Primata dari keluarga Cercopithecidae ini kerap disebut simpai atau surili sumatera. Di Indonesia, simpai termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

D For GAEKON