Diklaim Lebih Mudah Cegah Kanker, Menkes Budi Akan Tambah Vaksin Kanker Jadi Vaksin Wajib

0

Diklaim Lebih Mudah Cegah Kanker, Menkes Budi Akan Tambah Vaksin Kanker Jadi Vaksin WajibGaekon.com – Vaksin kanker serviks rencananya akan menjadi vaksin wajib bagi masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Melansir dari Kumparan, Hal itu disampaikan Budi saat menghadiri acara Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia di Kawasan Eropa.

“Programnya apa saja? Ini saya sampaikan beberapa misalnya kita akan naikkan vaksin wajibnya kita dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah HPV, PCV, rotavirus terutama karena kematian cancer paling banyak wanita Indonesia itu serviks sama breast cancer, serviks ada vaksinnya,” kata Budi.

Mencegah Kanker Dengan Vaksin Akan Lebih Murah

Penambahan vaksin kanker serviks sebagai vaksin wajib ini sebagai bentuk pencegahan sebab banyak wanita Indonesia yang terkena kanker tersebut.

Menurut Budi, mencegah kanker dengan memberikan vaksin akan lebih murah dibanding mengobatinya.

“Daripada kita mengurusnya di rumah sakit yang mahal dan menderita buat rakyatnya, kita urusnya di preventif aja, jauh lebih murah daripada dioperasi di rumah sakit, di kemo di rumah sakit dan jauh lebih nyaman juga bagi si ibunya daripada masuk rumah sakit,” kata Budi.

D For GAEKON