Menko PMK: Kualitas Keluarga Tentukan Baik atau Buruknya Suatu Negara

0

Menko PMK: Kualitas Keluarga Tentukan Baik atau Buruknya Suatu NegaraGaekon.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa kualitas keluarga turut menentukan baik atau buruknya suatu negara.

Oleh karena itulah, dirinya mengatakan bahwa pemerintah berupaya mendukung pembangunan keluarga berkualitas melalui pendidikan keluarga yang berkualitas pula.

“Jadi kalau keluarganya bagus, asumsinya maka bangsa, masyarakat, dan negaranya juga bagus. Kalau sebaliknya, keluarganya tidak bagus, maka pasti masyarakat atau negaranya juga akan rusak,” kata Muhadjir dalam bincang virtual ‘Membangun Keluarga Berkualitas’, dikutip dari Antara, Senin (21/12/2020).

Selain itu, Muhadjir juga menyebut bahwa keluarga sebagai unit terkecil dalam sebuah bangsa dan negara harus mendapatkan perhatian demi melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Kualitas SDM dikatakan merupakan sebuah penentu majunya suatu negara.

Kemudian ia pun mengatakan pendidikan tentang keluarga harus dirancang sebaik mungkin sebagai landasan masyarakat membangun keluarga. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui Kemenko PMK yaitu menyelenggarakan pendidikan pranikah berkualitas bagi pasangan yang ingin membina keluarga.

Menurutnya, saat ini pemerintah juga menaruh perhatian besar pada upaya penanganan dan pencegahan stunting yang tercatat masih cukup tinggi di Indonesia.

“Pembangunan keluarga berkualitas dapat sekaligus meningkatkan kualitas SDM, sehingga upaya memajukan bangsa juga dapat diakselerasi,” ucap Muhadjir.

Z For GAEKON