Menlu Era Orde Baru, Mochtar Kusumaatmadja Wafat Di Usia 92 Tahun

0

Menlu Era Orde Baru, Mochtar Kusumaatmadja Wafat Di Usia 92 TahunGaekon.com – Menteri Kehakiman dan Menteri Luar Negeri RI di era Presiden Soeharto Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia pada Minggu (6/6).

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh akun resmi Kantor Staf Presiden (KSP), @KSPgoid.

Turut berdukacita atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja. Beliau adalah Guru Besar & Dekan Fakultas Hukum UNPAD, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973-1978) & Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III & IV Kabinet Pembangunan III & IV (1978-1988),” tulis @KSPgoid.

Mochtar meninggal dunia diusia 92 tahun. Hingga saat ini belum diketahui penyebab dan informasi lain seputar meninggalnya.

Mochtar merupakan putra dari pasangan R. Taslim Kusumaatmadja dan Sulmini. Ia lahir di Jakarta, 17 Februari 1929.

Mochtar menamatkan pendidikan hukumnya dengan spesialisasi hukum internasional dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1955.

Mochtar kerap mendapat kesan sebagai orang yang angkuh. Namun, sebenarnya beliau merupakan seseorang yang percaya diri berkat keahliannya di bidang hukum internasional.

Mochtar juga sempat menjadi Menteri Kehakiman pada 1978, ia lanjut duduk dalam Kabinet Pembangunan III sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu).

Selepas menjadi Menlu, Kusumaatmadja masih aktif berkegiatan di berbagai forum internasional, seperti menjadi anggota Komisi Hukum Internasional PBB selama dua tahun. Ia juga ditahiskan sebagai Bapak Hukum Internasional Indonesia, karena ia juga seorang pemikir hukum internasional.

D For GAEKON