Mensos Risma Siapkan Dana Sebesar Rp 7,08 Triliun Untuk Bansos 5,9 Juta Warga Di Tengah PPKM Darurat

0

Mensos Risma Siapkan Dana Sebesar Rp 7,08 Triliun Untuk Bansos 5,9 Juta Warga Di Tengah PPKM DaruratGaekon.com – Di masa PPKM Darurat yang masih berlanjut, Menteri Sosial, Tri Rismaharini akan memberikan bantuan sosial (bansos) untuk 5,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru. Total dana yang disiapkan untuk bansos tersebut sebesar Rp 7,08 triliun.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Risma mengatakan bahwa mereka yang akan menerima ini baru dan datanya diperoleh dari pemerintah daerah.

“Mereka ini sama sekali baru, datanya dari pemerintah daerah. Bantuannya sebesar Rp200.000/KPM selama Juli-Desember 2021,” Kata Risma.

Mensos Risma Berharap Masyarakat Tetap Tenang

Risma berharap agar masyarakat tetap tenang, khususnya di masa PPKM Darurat. Selain kebijakan tersebut pemerintah juga mengadakan penyaluran beras. Total beras yang disalurkan seberat lima kilogram khusus pekerja di sektor informal yang terdampak.

Penerima manfaat ini diantaranya pemilik warung makan, pedagang kaki lima, pengemudi ojek, buruh lepas, buruh harian, karyawan kontrak, dan sebagainya, Adapun total 2.010 ton beras disiapkan.

Sebanyak 122 pemerintah kabupaten/kota mendapatkan masing-masing 3.000 paket beras (per paket seberat lima kilogram) dan 6.000 paket (per paket lima kilogram) untuk enam ibu kota provinsi.

Dalam rangka pelaksanaan program perlindungan sosial, Kemensos juga mengoptimalisasi program bansos yang sudah ada, yakni PKH, BPNT/Kartu Sembako dan BST. Dengan ketiga bansos ini Risma berharap dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

D For GAEKON