Merapi Erupsi, Lontarkan Kolom Abu 2 Km

2

Yogyakarta – Gunung Merapi dilaporkan erupsi pada Kamis pagi 13 Februari 2020 pukul 05.16 WIB. Pada erupsi tersebut, Merapi melontarkan kolom abu hingga 2 km.

“Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 13 Februari 2020 pukul 05.16 WIB,” tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitternya @BPPTKG, seperti yang dilihat GAEKON.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 150 detik. Erupsi itu menimbulkan lontaran kolom abu dengan ketinggian sekitar 2 km. Kolom erupsi itu mengarah ke barat laut.

Meskipun mengalami erupsi, saat ini status Gunung Merapi yang terletak di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta itu masih waspada. Status itu berlaku sejak 21 Mei 2018. “Tingkat aktivitas Merapi saat ini WASPADA (Level 2),” demikian kicauan akun BPPTKG.

Erupsi Merapi juga sempat jadi trending topic di Twitter. Beberapa warganet tampak memberikan perhatian terkait peristiwa itu.

Unggahan Twitter dengan tagar #merapi berisi foto, video dan ucapan doa terkait erupsi Gunung Merapi.

Di antaranya akun @Rieztyo22 yang menulis, “Pray for Jogjakarta, semoga baik2 aja.. amiin #Gempa #merapi.”

Ada pula akun lainnya @GabriellNugroho, “Semoga #merapi cepat membaik,dan mereka yang berada dekat merapi diberi perlindungan oleh tuhan.”

Baca juga : Semeru Dua Kali Erupsi dan Semburkan Abu Setinggi 400 Meter

K For GAEKON