Miliki Hubungan Baik SBY Tidak Yakin Airlangga Luhut Hingga BIN Tuduh Dirinya Sebagai Aktor Demo Omnibus Law

0

Miliki Hubungan Baik SBY Tidak Yakin Airlangga Luhut Hingga BIN Tuduh Dirinya Sebagai Aktor Demo Omnibus LawGaekon.com – Dituding sebagai dalang ketika pecahnya aksi demo UU Cipta Kerja, langsung dibantah oleh presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dirinya juga meyakini bukan dari Menteri Jokowi yang menuduhnya menunggangi demo Omnibus Law.

Sebelumnya, menteri Jokowi seperti Menko Marves Luhut Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hingga BIN menyebut bahwa aksi demo Cipta Kerja ada yang mendalangi. Namun, mereka tidak menjelaskan secara merinci siapa aktor di balik aksi demo tersebut.

“Saya kok enggak yakin kalau Pak Airlangga, Pak Luhut atau BIN yang dimaksud itu saya. Hubungan saya dengan Pak Airlangga selama ini baik, dengan Pak Luhut baik, dengan BIN tak ada masalah,” ujar SBY dalam akun YouTube pribadinya, Senin (12/10/2020).

“Saya enggak yakin BIN anggap saya sebagai musuh negara. Kalau ditanyakan gitu, yang paling baik tanya ke beliau-beliau siapa yang dimaksud aktor,” lanjut eks Ketum Partai Demokrat ini.

SBY menilai, lebih baik para pejabat pemerintahan tersebut agar segera membeberkan siapa aktor di balik aksi unjuk rasa UU Cipta Kerja yang dimaksud. Jika tidak, maka hal ini menurutnya akan menjadi spekulasi di tengah masyarakat.

“Kalau enggak ada kejelasan ini enggak baik, rakyat saling curiga. Enggak baik ke sana, ke mari ceritanya. Lebih baik disebutkan, kalau tidak nanti negara dikira melakukan hoaks. Tak bagus,” kata SBY.

Ia juga yakin para pejabat tersebut mau menjelaskan soal siap aktor yang mereka maksud menjadi dalang UU Cipta Kerja tersebut.

“Itulah etika yang harus dimiliki siapa pun yang mengemban amanat,” tutup SBY.

Z For GAEKON