Gara-Gara Batik, Miss World Malaysia Lavanya Sivaji Dibully Warganet Indonesia

0

Gara-Gara Batik, Miss World Malaysia Lavanya Sivaji Dibully Warganet IndonesiaGaekon.com – Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji mendadak dibully oleh warganet Indonesia. Lavanya dikritik keras usai dirinya berbicara soal batik.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Detik, Lavanya tuai kritikan usai dirinya memakai batik dan bicara soal batik di instagramnya.

“Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia,” beber Lavanya Sivaji.

Saat itu juga, kolom komentar postingan Lavanya penuh dengan kata-kata pedas dari warganet.

“Catat ya neng, BATIK itu udah diakui UNESCO asli indonesia, jadi kalau ada ngaku ngaku BATIK dari negara selain indonesia berarti apa ? Punya malu ngak sih,” kata salah seorang warganet.

“Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar,” sahut lainnya.

“Heh bukan keh ity corak batik Jakarta? Kenapa pula di kata batik Malaysia? Awak nih perlu research lagi,” jelas lainnya.

Bahkan ada salah seorang warganet yang menjelaskan secara detil asal usul batik yang dikenakan Lavanya itu.

“Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009,” ungkap akun jeklr***.

D For GAEKON