Terancam 15 Tahun Penjara, Ternyata Ini Motif Pria Pembakar Mimbar Masjid Di Makassar

0

Terancam 15 Tahun Penjara, Ternyata Ini Motif Pria Pembakar Mimbar Masjid Di MakassarGaekon.com – Pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, Kabba (21) menyesali perbuatannya. Ia mengaku melakukan hal itu lantaran kesal dengan pengurus masjid.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Peristiwa pembakaran mimbar masjid itu diketahui terjadi pada Sabtu (25/9) dini hari. Kabba mengaku menyesali perbuatannya itu.

“Saya menyesal,” kata Kabba.

Motif Membakar Masjid Adalah Karena Kesal Ditegur

Kabba sempat mengaku bahwa ia melakukan hal itu lantaran kesal sering ditegur pengurus masjid saat tidur di masjid. Karena kesal, ia pun nekat melakukan aksinya dengan membakar mimbar masjid.

“Sering saya ditegur kalau di bawah (lantai satu) lagi tidur-tidur,” ungkapnya.

Kapolres Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana juga mengatakan hal yang sama. Ia mengatakan motif pelaku melakukan perbuatannya karena kesal diusir saat tidur di masjid.

“Motif pelaku kesal karena sering tidur di dalam masjid dan sering ditegur atau diusir oleh petugas keamanan masjid. Pelaku pengangguran dan sering tidur di masjid raya,” kata Witnu.

Kabba mengatakan bahwa sebelum membakar mimbar, ia membakar kayu di sekitar masjid. Kabba kemudian naik ke lantai dua dan melangsungkan aksinya. Namun beberapa saat kemudian, Kabba mengaku sempat dilihat warga hingga akhirnya ia kabur memanjat tembok masjid.

“Tadi malam sempat saya bakar-bakar kayu, baru saya naik (lantai dua), lalu saya bakar mimbar karena jengkel, baru turun, tapi dilihat sama orang, lalu saya lari keluar masjid,” ujarnya.

Kini Kabba ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat dengan Pasal 187 ayat 1 dan 2 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pembakaran dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

D For GAEKON