Mulai Hari Ini Semua Bahan Baku Minyak Goreng Dilarang Ekspor

0

Mulai Hari Ini Semua Bahan Baku Minyak Goreng Dilarang EksporGaekon.com – Pemerintah kini melarang ekspor minyak goreng termasuk crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit mentah. Larangan ekspor ini akan berlaku efektif mulai hari ini, Kamis (28/4).

Masa Larangan Di Mulai Hari Ini Hingga Harga Minyak Goreng Normal

Kebijakan larangan tersebut diungkapkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Pihaknya mengungkapkan kebijakan ini berlaku malam hari ini, jam 00:00 sesuai arahan Presiden.

“Kebijakan ini berlaku untuk semua produk baik itu CPO, RPO, RBD palm olein, pome, dan used cooking oil. Ini semuanya sudah tercakup di dalam Permendag dan berlaku malam hari ini, jam 00:00 sesuai arahan Presiden,” kata Airlangga.

Masa larangan ekspor CPO cs akan berlaku hingga harga minyak goreng curah di pasar bisa kembali normal yaitu Rp 14 ribu per liter.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengumumkan larangan ekspor komoditas dalam konferensi pers Jumat (22/4).

Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri. Pasalnya, sejak akhir tahun lalu hingga saat ini, minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan harganya melonjak tajam.

Perubahan aturan larangan ekspor ini ditetapkan hanya berselang sehari dari pengumuman sebelumnya.

Pada Selasa (26/4) malam, Airlangga mengumumkan hanya minyak goreng dan RBD palm olein yang dilarang ekspor, sementara CPO tidak termasuk.

D For GAEKON