Mulai Hari Ini Beli Mobil Baru Tanpa Bayar PPnBM

0

Mulai Hari Ini Beli Mobil Baru Tanpa Bayar PPnBMGaekon.com – Mulai hari ini (1/3), Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil 0 persen sudah berlaku. Dengan kata lain, semua akan ditanggung pemerintah, masyarakat bisa membeli mobil baru tanpa harus membayar PPnBM.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Dalam pasal 2 tertulis bahwa diskon PPnBM mobil baru untuk jenis sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder sampai 1.500 cc.

Selain itu bisa juga digunakan untuk kendaraan bermotor pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan sistem satu gardan penggerak (4×2) dengan kapasitas 1s1 silinder sampai dengan 1.500 cc.

Berdasarkan penjelasan dalam pasal 5, PPnBM ditanggung oleh pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 akan diberikan 100 persen untuk Masa Pajak Maret 2021 sampai dengan Masa Pajak Mei 2021.

“Selanjutnya 50 persen dari PPnBM yang terutang untuk Masa Pajak Juni 2021 sampai dengan Masa Pajak Agustus 2021, dan 25 persen dari PPnBM yang terutang untuk masa pajak September 2021 sampai dengan Masa Pajak Desember 2021,” mengutip aturan tersebut.

Beleid ini ditetapkan pada 25 Februari 2021 oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kemudian diundangkan pada 26 Februari 2021 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang mengatakan bahwa kendaraan yang bisa menikmati insentif tersebut harus memenuhi kandungan komponen buatan lokal.

“Harus memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) paling sedikit 70 persen,” jelasnya.

Secara total terdapat 115 jenis komponen yang bisa masuk dalam perhitungan kandungan lokal pada produksi mobil di Indonesia.

Dalam regulasi itu juga dicantumkan langsung total ada 21 model mobil yang bisa memanfaatkan insentif pajak. Berbagai model kendaraan tersebut merupakan produksi Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Suzuki, dan Wuling.

Berikut jenis mobil yang bisa menikmati insentif pajak:

– Toyota: Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush, Raize

– Daihatsu: Xenia, Luxio, Gran Max (minibus), Terios, Rocky

– Mitsubishi: Xpander, Xpander Cross, Nissan Livina

– Honda: Brio RS, Mobilio, BR-V, HR-V

– Suzuki: New Ertiga, XL-7

– Wuling: Confero

D For GAEKON