Mulai MotoGP Hingga E-Sport, Even Lomba Yang Batal Gegara Corona

0

Wabah virus Covid-19 atau virus corona, tak hanya membikin cemas warga di berbagai negara. Wabah virus ini juga menyebabkan batalnya berbagai even lomba, mulai dari MotoGp, hingga turnamen E-Sport.

Baca juga : Virus Corona Potensi Batalkan Olimpiade Tokyo 2020

FIM (Federasi Balap Motor Internasional), IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional), dan Dorna Sports, selaku promotor MotoGP, secara resmi mengumumkan bahwa Grand Prix Thailand yang seharusnya digelar di Sirkuit Buriram, 20-22 Maret, akan ditunda akibat wabah virus corona.

Pengumuman ini dirilis lewat MotoGP.com pada Senin (2/3), hanya beberapa jam setelah Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul, menyatakan hal serupa lewat media lokal, salah satunya Bangkok Post.

Pengumuman penundaan pelaksanaan MotoGP Thailand ini juga diumumkan tak sampai sehari setelah FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan pembatalan pekan balap kelas MotoGP di Losail, Qatar. Sementara kelas Moto2 dan Moto3 tetap menjalani aktivitas seperti biasa di Losail karena sudah lebih dulu berada di sana sejak Kamis (27/2) untuk menjalani uji coba pramusim.

Berikut pernyataan FIM, IRTA, dan Dorna Sports.
“Mengingat wabah global virus corona yang terus berkembang, pemerintahan Thailand telah menyatakan bahwa tak memungkinkan menggelar OR Grand Prix Thailand pada tanggal aslinya. FIM, IRTA, dan Dorna pun dengan menyesal harus mengumumkan bahwa gelaran ini, yang harusnya diselenggarakan pada 22 Maret di Buriram, telah ditunda.

“FIM, IRTA, dan Dorna saat ini tengah mengevaluasi apakah tanggal alternatif memungkinkan untuk menyelenggarakan gelaran tersebut musim ini. Perkembangan selanjutnya akan dipublikasi segera ketika tersedia.”

Sementara itu, efek penyebaran virus Corona alias Covid-19 yang semakin masif, memberi efek negatif ke dunia esports. Satu di antara faktanya adalah pembatalan dan penundaan berbagai turnamen esports, termasuk kejuaraan dengan kategori bergengsi.
Seperti diketahui, ragam turnamen esports yang kelasnya internasional selalu mengundang pemain dari berbagai negara. Berlatar virus Corona yang sudah menyebar ke berbagai belahan dunia membuat panitia penyelenggara tak ingin mengambil risiko.

Walhasil, beberapa turnamen yang sudah rutin telah melewati masa persiapan cukup panjang, harus merelakan diri untuk ditunda atau batal. Berikut ini beberapa turnamen esports yang harus tertunda dan atau batal :

  1. WESG APAC Finals
    Seharusnya, WESG APAC Finals berlangsung di Malaysia pada awal tahun ini, namun pindah ke Macau pada pertengahan Februari lalu. Namun, ajang tersebut juga tak terlaksana. WESG APAC memanggungkan kompetisi Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Starcraft II dan Pro Evolution Soccer 2020.
  2. Acer APAC Predator League
    Penyelenggaraan Asia Pacific Predator League 2020 dijadwalkan berlangsung di Filipina pada 19 – 23 Februari. Namun, manajemen Acer dan pihak penyelenggara memutuskan untuk menunda turnamen. APAC Predator League diikuti 12 tim Dota 2.
  3. Liga Profesional League of Legends China
    Jika sesuai rencana, event LPL ini akan berlangsung di China pada 9 – 15 Maret 2020. Namun, acara offline tersebut batal, dan diganti dengan permainan secara online.
  4. Capcom Pro Tour
    Kota Brussels, Belgia direncanakan menjadi tuan rumah ajang ini. Perhelatan bertajuk Burssels Challenge 2020 ini akan dilaksana 20 -22 Maret 2020. Namun, semua itu batal. Gantinya, beberapa fase regional tetap akan terlaksana pada 10 April 2020.
  5. SNK World Championship Japan Tour Final
    Awalnya, turnamen ini akan berlangsung di Comyufa eSports Stadium, Nagoya, pada 29 februari – 1 Maret 2020. Rencana itu sempat diundur pada 28 – 29 Maret 2020, namun tetap dibatalkan. Turnamen ini menampikan nomor Samurai Shodown dan King of Fighters XIV. Kejuaraan ini menyediakan hadiah 94 ribu dolar AS.
  6. ESL One Los Angeles Major Chinese Qualifiers
    Penyelenggaraan ini menjadi bagian dari seleksi menuju Los Angeles Major. Seharusnya, proses turnamen mulai berlangsung pada 12 Februari 2020. Namun, akibat maraknya persebaran virus Corona, panitia penyelenggaraa membatalkan program tersebut.
  7. PUBG Global Series
    Jadwal PUBG Global Series 2020 adalah di Messe, Berlin, yang bakal berlangsung 31 Maret – 12 April 2020. Namun, panitia penyelenggaraa sudah mengumumkan ada penundaan event akbar tersebut. Seharusnya, 32 tim akan bertempur demi hadiah 500 ribu dolar AS atau lebih dari Rp6 miliar.
  8. Overwatch League
    Turnamen ini bakal berlangsung di Korea. Namun, panitia memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Overwatch League. Dua ‘lokasi’ yang juga batal adalah Seoul Dynasty’s March dan Shanghai Dragons Homestand.
  9. League of Legends Mid-Season Invitational
    Perhelatan League of Legends Mid-Season Invitational akan berlangsung pada bulan Mei 2020. Namun, meski masih agak jauh, panitia penyelenggara sudah mengumumkan terkait penundaan turnamen sampai akhir tahun ini.
  10. League of Legends Championship Korea
    Pihak panitia League of Legends Championship Korea (LCK) sudah memastikan adanya aturan baru terhadap kejuaraan paling bergengsi tersebut. Jika sebelumnya akan diadakan di muka umum, penyelenggara memutuskan LCK akan tetap berlangsung tanpa ada penonton. Selain itu, aktivitas di media juga dibatalkan.

W For GAEKON