Usai Mundur Dari Wakil Komisaris Utama BRI, Rektor UI Ari Kuncoro Didesak Mundur Dari Rektor UI

0

Usai Mundur Dari Wakil Komisaris Utama BRI, Rektor UI Ari Kuncoro Didesak Mundur Dari Rektor UIGaekon.com – Rektor UI, Ari Kuncoro terus menjadi perbincangan akhir-akhir ini, karena rangkap jabatannya itu. Usai Ari mundur dari kursi Wakil Komisaris Utama BRI. Kini ia justru didesak mundur dari jabatannya sebagai rektor.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Eksponen Aktivis Alumni UI mendorong Ari agar mundur dari jabatannya sebagai Rektor UI. Dorongan ini muncul usai Statuta UI direvisi dan memperbolehkan Rektor UI merangkap jabatan Komisaris BUMN.

Eksponen Aktivis Alumni UI menilai perubahan Statuta UI menjadi noda hitam bagi dunia akademik, khususnya UI.

“UI yang dalam catatan sejarah merupakan universitas yang pernah mempelopori kebenaran, kejujuran, dan keadilan Tanah Air, sebagaimana moto UI Veritas-Probitas-Justicia. UI juga memikul tanggung jawab sosial dan kebangsaan untuk meneladankan kebenaran, kejujuran, nama baik UI dan penghargaan masyarakat yang didapat selama ini diraih dengan perjuangan, keringat, darah sivitas akademika kini dipertaruhkan,” tulis pernyataan Eksponen Aktivis Alumni UI, Kamis (22/7).

Maka dari itu, sejumlah Eksponen Aktivis Alumni UI yang terdiri dari para aktivis kampus lintas angkatan menyatakan dan menuntut agar Rektor UI mengundurkan diri.

Eksponen Aktivis Alumni UI pun menyampaikan empat poin tuntutan, yakni:

  1. Menuntut diberhentikannya Rektor UI
  2. Meminta dibubarkannya Majelis Wali Amanah (MWA) UI
  3. Menuntut pertanggungjawaban pihak-pihak yang terlibat: Senat Akademik UI, Dewan Guru Besar, MWA dan Rektor
  4. Meminta maaf kepada masyarakat luas di Tanah Air atas aib yang menimpa almamater kami

Hingga pernyataan ini diturunkan, sudah ada 110 orang yang menyatakan dukungan agar Ari Kuncoro mundur. Mulai dari Prof. Dr Lukman Hakim (Ketua Dewan Mahasiswa (DM) 1978), Chandra Motik, (mantan Ketua Iluni Fakultas Hukum), Dipo Alam (Ketua DMUI 1975).

Tubagus Haryono (mantan Ketua Iluni FMIPA), Moh Peter Sumaryoto (Ketua DM 1981). Edy Kuscahyanto (Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) 1982), Fadli Zon, mahasiswa teladan UI, sejumlah Ketua BEM, dan masih banyak lagi.

D For GAEKON