Naik Pesawat dan Kereta Api Kini Wajib Rapid Test Antigen Masa Berlaku 2 Hari

0

Naik Pesawat dan Kereta Api Kini Wajib Rapid Test Antigen Masa Berlaku 2 HariGaekon.com – Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat atau kereta api menjelang libur panjang natal dan tahun baru, saat ini diharuskan mengantongi hasil negatif rapid test antigen.

Pemerintah mengambil langkah pengetatan aturan ini sebagai upaya untuk membendung terjadinya lonjakan kasus dari klaster libur panjang. Atas dasar tersebut, masyarakat yang hendak bepergian juga diharuskan maksimal menjalani rapid test antigen ini dua hari sebelum keberangkatan.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan, salah satu kebijakan pemerintah mengantisipasi kasus corona saat libur Nataru, yakni mewajibkan rapid test antigen buat mereka yang ingin berlibur ke luar kota.

“Rapid test antigen ini memiliki sensitivitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan rapid test antibodi,” jelas Luhut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12). Wisata Pengetatan protokol kesehatan juga diberlakukan di rest area dan seluruh tempat wisata.

Apabila sebelumnya hasil rapid test bisa digunakan selama 14 hari, rapid test antigen untuk perjalanan menggunakan kereta api dan pesawat kali ini hanya berlaku 2 hari. Ia juga mengatakan, para penumpang diwajibkan melakukan tes maksimal H-2 sebelum berangkat.

“Khusus wisatawan yang hendak ke Bali menggunakan pesawat, wajib melakukan Tes PCR maksimal H-2 sebelum keberangkatan,” pungkas Luhut.

Z For GAEKON