Naskah Final UU Cipta Kerja Diserahkan ke Jokowi Hari Ini

0

Naskah Final UU Cipta Kerja Diserahkan ke Jokowi Hari IniGaekon.com – Hari ini, Rabu (14/10/2020), naskah final Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) rencananya diserahkan oleh DPR ke pemerintah. Hal tersebut sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kemarin.

“Mungkin besok (hari ini, Rabu) DPR akan menyerahkan itu kepada eksekutif,” kata Bahlil dalam diskusi virtual bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Selasa (13/10/2020).

Ia juga menjelaskan, dari draf UU Ciptaker tersebut terdiri dari 15 bab, 11 klaster, 186 pasal, dan terdiri dari 812 halaman. Bahkan dirinya menyebut jika kepala daerah sudah memegang draf final tersebut. Namun pada hari Rabu, baru akan diserahkan secara resmi ke pemerintah oleh DPR.

“Draf itu sudah final, namun Pak Ketum (Apkasi) jangan dulu disabarkan karena besok (Rabu ini) baru diserahkan secara resmi,” tambahnya.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa draf tersebut baru diserahkan sekarang setelah disahkan pada 5 Oktober? Menurut Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menjelaskan, pihaknya akan menyetor draf final UU Omnibus Law Cipta Kerja ke pemerintah hari ini. Mengenai hal itu, sudah sesuai dengan aturan tata tertib mengenai batas penyampaian UU yang disahkan DPR.

Kemudian, dirinya juga menyebutkan bahwa DPR memiliki waktu selambat-lambatnya tujuh hari kerja, dalam hal ini Senin sampai Jumat, untuk menyerahkan draf UU kepada presiden sejak tanggal persetujuan. Jika dihitung sejak tanggal pengesahan, 5 Oktober lalu, itu artinya besok (hari ini) menjadi tenggat waktu terakhir penyampaian UU Cipta Kerja.

“Berdasarkan mekanisme tata tertib DPR kami memiliki jangka waktu 7 hari kerja, sehingga tenggat waktu penyampaian UU Cipta Kerja ini jatuh di 14 oktober 2020, tepatnya besok,” ujar Azis dalam konferensi pers yang disiarkan via YouTube, Selasa (13/10/2020).

“Proses pengiriman berkas Cipta Kerja kepada pemerintah yang jatuh temponya pada 14 Oktober,” tegasnya.

Lalu dia juga mengatakan setelah naskah final UU Cipta Kerja diberikan ke pemerintah, dalam waktu 30 hari Presiden akan mengesahkannya dan otomatis UU akan berlaku.

“Sejak besok kami kirim, Secara mekanisme dan tata tertib, dalam waktu 30 hari Presiden akan mengeluarkan LBN dan secara otomatis UU ini akan berlaku,” ujar Azis.

Z For GAEKON