Masih hangat diberitakan mengenai siapa yang dipanggil oleh Erick Thohir untuk merapat ke Kementerian, muncul nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan digadang-gadang akan menjadi pimpinan di salah satu perusahaan BUMN pelat merah, yaitu Pertamina. Erick menganggap bahwa Ahok sangat pantas untuk menduduki posisi sebagai pimpinan BUMN. Selain itu, hal tersebut juga telah dibicarakan dan mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

            Namun, ada pihak yang memang tidak mau menerima keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang mempunyai rencana terkait penunjukkan Ahok sebagai Calon Komisaris Pertamina. Pihak tersebut adalah Serikat Pekerja Pertamina sendiri, yang secara terang-terangan menolak Ahok masuk ke perusahaan minyak dan gas terbesar di negeri ini. Hal ini disampaikan oleh pimpinan Serikat Pekerja Pertamina, Arie Gumilar, yang menyatakan bahwa Ahok tidak cocok untuk ditempatkan sebagai calon komisaris Pertamina karena tidak mempunyai latar belakang di bidang perminyakan dan gas bumi. Terlebih, Arie juga berkilah bahwa seorang mantan napi tidak pantas untuk menjadi Direktur Utama Pertamina.

            Sosok Nicke Widyawati masih bertahan menjadi leader  di  Pertamina saat ini. Seorang Pelaksana tugas (Plt) yang tengah mengemban tanggung jawab sebagai pimpinan, menggantikan Elia Massa Manik yang sudah diberhentikan beberapa waktu lalu. Nicke menjadi Plt Dirut Pertamina pada saat jabatan Kementerian BUMN masih dipimpin oleh Rini Soemarmo. Sepak terjang Nicke di dunia migas sudah tidak perlu diragukan lagi karena sikap profesionalnya dan pengalamannya yang dulu pernah bekerja di PT. Rekayasa Industri, lalu masuk ke PLN dan hingga kini bertahan di Pertamina.

            Hal tersebut juga diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu, yang tidak segan-segan mengakui sosok Nicke sebagai pimpinan yang berintegritas, independen, dan potensial.

            Tetapi masih menjadi sebuah pertanyaan kenapa Erick Tohir masih mempertahankan Nicke, akankah masuknya Ahok menjadi komisaris bisa meningkatkan kinerja pertamina ? atau akan menjadi sebuah bahan untuk topik hangat selanjutnya?

S for GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here