Oknum Satpol PP Palu Lakukan Pungli Di Pos Covid-19 Akhirnya Diberhentikan

0

Oknum Satpol PP Palu Lakukan Pungli Di Pos Covid-19 Akhirnya DiberhentikanGaekon.com – Oknum penjaga di Pos Covid-19 Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) diduga melakukan pungutan liar (Pungli) kepada salah satu pengendara mobil saat penjagaan di Pos.

Aksi ini sempat beredar di media sosial hingga viral. Video itu beredar di medsos Facebook yang disiarkan langsung oleh salah satu pengguna bernama Cimmang Moo pada hari Selasa (6/2).

Dalam video tersebut menunjukkan oknum penjaga mengenakan seragam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meminta uang kepada pengendara mobil.

“Masalahnya kalau lewat di situ tambah panjang lagi, ke Polsek lagi, tinggal komiu (kamu) saja, yang penting ikhlas, itu saja, kita ini tidak mempersulit,” kata Oknum.

Satpol PP itu meminta uang dan kemudian meloloskan pengendara mobil. Terlihat pengendara mobil itu memberikan uang yang diduga sebesar Rp 100 ribu kepada oknum Satpol PP itu.

Kepala Satpol PP Kota Palu, Trisno buka suara mengenai video yang viral tersebut. Ia mengatakan bahwa oknum yang terekam dalam video tersebut sudah diberhentikan dari Satpol PP pada Rabu (10/2).

“Iya itu anggota saya, sudah saya tindak tegas, langsung saya berhentikan tanggal (10 Februari 2021) kemarin, karena saya dapat video itu tanggal 8 Februari,” ujarnya.

Oknum berinisial FN itu adalah pegawai kontrak di Satpol PP Kota Palu. Menurut Trisno, tidak sepantasnya pegawai kontrak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan Undang-undang seperti pungli. Dia menambahkan, untuk proses hukum, sudah dilakukan pemeriksaan oleh Subdit Tipikor Polda Sulteng.

“Kurang tau saya untuk hasilnya, tapi yang jelas itu anggota saya dan saya sudah tindak tegas, langsung saya berhentikan,” katanya.

Awalnya, pengendara mobil tersebut didapat melewati jalan tikus (jalan pintas) yang tidak melintasi Pos perbatasan Covid-19 Tawaeli. Menurutnya, jika ada pelaku perjalanan yang melewati jalan tikus, itu difasilitasi oleh masyarakat sekitar.

D For GAEKON