Waspada Omicron, Warga Surabaya Disarankan Swab Usai Luar Kota

0

Waspada Omicron, Warga Surabaya Disarankan Swab Usai Luar KotaGaekon.com – Kasus Covid-19 varian Omicron terdeteksi di Surabaya, Jawa Timur. Menanggapi hal ini Komisi D DPRD Kota Surabaya buka suara.

Melansir dari suarajatim, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah mengatakan bahwa warga yang baru pulang bepergian ke luar kota agar melakukan swab test atau tes usap.

Khusnul menerangkan bahwa usulan tersebut demi mengantisipasi meluasnya penularan Omicron.

“Ini bukan berarti kita paranoid. Ini untuk berjaga-jaga agar kejadian lonjakan Covid-19 pada pertengahan 2021 karena adanya varian Delta tidak terulang kembali. Mari bersama-sama menjaga agar kota ini tidak ada lagi lonjakan Covid-19,” katanya.

Pasien Pertama Omicron Di Surabaya Habis Dari Bali

Kepala Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Prof. Maria Inge Lusida menjelaskan pasien pertama di Surabaya yang terpapar Omicron ternyata diketahui setelah berlibur di Bali.

“Makanya kami meminta agar semua yang telah bepergian untuk melakukan tes usap atau melakukan karantina dulu,” ujarnya.

Menurutnya, banyak warga Surabaya yang berlibur ke luar kota, luar provinsi bahkan luar negeri saat momen Natal dan Tahun Baru 2022.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim dr. Erwin Astha Triyono membenarkan adanya pasien Virus Corona varian Omicron pertama.

“Benar (ada pasien terinfeksi Covid-19 varian Omicron). Nanti akan disiapkan materi pers release, koordinasi antara tim humas, Dinkes Surabaya dan Jatim,” ujarnya.

D For GAEKON