Pabrik PT Dua Kelinci Pati Kebakaran, 22 Jam Api Tak Padam

0

Pabrik PT Dua Kelinci Pati Kebakaran, 22 Jam Api Tak PadamGaekon.com – Pabrik PT Dua Kelinci, di jalan raya Pati-Kudus, Kecamatan Margorejo, Pati kebakaran sejak Selasa (23/11) pukul 11.15 WIB hingga Rabu (24/11). Sampai saat ini masih terus diselidiki soal sumber penyebab kebakaran.

Melansir dari Detik, Senior HRD Manager PT Dua Kelinci, Tofan Rudiyanto mengatakan bahwa awalnya api itu muncul di atas mesin oven yang berada di atas ruang pengemasan.

“Api dari posisi atas oven, sumber penyebabnya masih diselidiki,” kata Tofan.

Kemudian pada Selasa (23/11) pukul 11.20 WIB para pekerja pabrik PT Dua Kelinci Pati pun berhamburan keluar dari area pabrik. Mereka berusaha menyelamatkan dirinya yang kemudian dievakuasi di area luar pagar pabrik.

Jarak 10 menit kemudian, sejumlah mobil pemadam kebakaran yang berasal dari Kabupaten Pati mulai berdatangan di lokasi kejadian. Kepala Satpol PP Pati Sugiyono mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 8 mobil pemadam kekabaran.

“Menerjunkan delapan mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Pati. Selain itu, ada bantuan dari sejumlah perusahaan, termasuk dari daerah tetangga,” terangnya.

Pemadaman dilakukan oleh petugas gabungan. Selain delapan mobil damkar dari Satpol PP Pati, ada beberapa unit damkar yang dikirim dari berbagai pihak. Pukul 11.45 WIB, api mulai merembet dari ruang bagian oven ke ruang perkantoran pabrik, karena ruangan itu bersebelahan.

20 Mobil Pemadam Dikerahkan Ke PT. Dua Kelinci

Lantaran api tak kunjung padam, akhirnya bantuan armada pemadam kebakaran dari Kabupaten tetangga, seperti Kudus dan Rembang, mulai berdatangan di lokasi kejadian.

Total, ada sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. Kepulan asap hitam pekat tampak di atas bagian ruang yang dilaporkan terbakar.

Pihak manajemen pabrik pun menutup akses pagar pabrik. Hanya karyawan tertentu dan petugas damkar yang diperbolehkan masuk area pabrik. Pukul 13.30 WIB Api yang melahap area perkantoran pabrik, sudah mulai bisa dinetralkan. Namun kobaran api di ruang oven masih menyala hebat.

Total ada tiga bagian ruangan yang ditengarai terimbas kebakaran tersebut, yakni ruang perkantoran, gudang produksi, dan ruang oven. Api di kedua ruang sudah mulai bisa dijinakkan. Api diklaim sudah dapat dikuasai. Hanya saja, tersisa 1 titik api, yakni di ruang oven, yang kondisinya tidak bisa ditembus oleh air.

Hingga Rabu (24/11) pukul 09.00 WIB, Petugas masih berada di lokasi kejadian kebakaran. Mereka secara bergantian berusaha menetralkan api yang sulit dijangkau, yakni di ruang oven yang tertutup dinding aluminium tebal.

Kasatpol PP Pati Sugiyanto menyebut khusus ruang oven memang tidak bisa dijangkau karena tertutup rapat. Namun, di sisi lain, kondisi itu justru tidak berimbas risiko merembetnya api.

Hingga berita ini ditulis, petugas masih berkutat di lokasi ruang oven pabrik PT Dua Kelinci. Rencananya, ruang oven tersebut akan dibobol menggunakan alat berat.

D For GAEKON