Heboh Parkir Mahal Di Yogyakarta, Wawalkot Yogyakarta Heroe Minta Dishub Proses Kasus Itu Ke Polisi

0

Heboh Parkir Mahal Di Yogyakarta, Wawalkot Yogyakarta Heroe Minta Dishub Proses Kasus Itu Ke PolisiGaekon.com – Baru-baru ini viral tarif parkir bus di Yogyakarta. Tarif itu sontak curi perhatian warganet, pasalnya disebut mahal yaitu senilai Rp 350 ribu.

Melansir dari Kumparan, Lokasi parkir itu diketahui tak jauh dari kawasan Malioboro. Menanggapi hal ini, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta jajarannya untuk mengecek lokasi tersebut.

Heroe mengatakan bahwa jika dilihat dari video yang beredar, lokasi parkir yang dimaksud itu tidak berizin. Pihaknya berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

“Karena kalau dilihat itu tempat parkir yang tidak biasanya. Saya harapkan kasus ini tidak terulang lagi karena kita sudah yakin kita tidak ada ampun lagi terhadap sifat nuthuk (memukul dengan biaya mahal) seperti itu,” ujar Heroe.

Heroe bahkan menyebut kasus ini bisa dikategorikan pungli. Pasalnya, tarif yang diberikan di atas harga umum. Heroe telah memerintahkan Dishub Yogyakarta untuk memproses kasus ini ke kepolisian.

“Saya minta Dishub untuk memproses ke kepolisian. Kalau perlu masuk kasus pungli karena sudah di luar tatanan Pemerintah Kota Yogyakarta karena dia ngambil terlalu banyak dan itu masuk kategori pungli. Saya minta itu nanti prosesnya proses pungli. Biar seperti yang lainnya,” terangnya.

Saat ini dia terus meminta petugas untuk mengecek ke lokasi. Jika tempat parkir itu resmi maka jelas telah melanggar karena melebihi tarif. Jika tidak resmi, sudah jelas kesalahannya semakin banyak.

“Kalau tidak resmi tambah-tambah kesalahan yang dilanggar terlalu banyak. Berkali-kali tidak ada ampun untuk proses yang nuthuk baik di makanan, di parkir dan segala macam. Kalau itu ada izinnya cabut tidak boleh lagi beroperasi, tidak ada kesempatan kedua lagi. Berkaitan dengan (jika parkir) liar ya masuk pungli aja. Proses hukumnya jelas,” katanya.

Kronologi Heboh Parkir Mahal Di Yogyakarta

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan tarif parkir bus di Yogyakarta yang mahal. Sebuah akun Kasri StöñèDåkøñ dalam sebuah grup Facebook berbagi kisahnya tentang tarif parkir mahal tersebut. Ia mengatakan bahwa hanya wisatawan lokal.

“Kami hanya wisata lokal. Tidak bermaksud jelek. Cuma kami mau tanya apakah wajar parkir di wilayah sekitar Malioboro tepatnya di belakang Hotel Premium Zuri. Kalau enggak salah. Sebesar itu. Yaitu Rp 350.000,” tulis akun tersebut.

Akun tersebut juga menjelaskan mengapa biaya parkir menjadi sangat membengkak. Rupanya ada biaya-biaya lain yang turut diberikan tukang parkir, salah satunya yaitu biaya cuci bus.

“Di kuitansi ada biaya lain-lain. Cuci bus dan kebersihan. Dan kami tau tidak ada kegiatan cuci bus di situ. Kami numpang salat dan toilet. Itu pun ada kotak (pembayaran) di depannya. Kami pun bayar seperti toilet umum di Indonesia. Sebesar Rp 2.000. Semoga dengan postingan (ini) dibatas biar enggak mencoreng citra baik wisata di Yogyakarta,” ujarnya.

D For GAEKON