Pasangan Nikah Siri Di Bandung Barat Bisa Dapat KK, Begini Faktanya

0

Pasangan Nikah Siri Di Bandung Barat Bisa Dapat KK, Begini FaktanyaGaekon.com – Pasangan yang menikah siri di Kabupaten Bandung Barat bisa mendapatkan kartu keluarga (KK), meski pernikahannya tidak tercatat negara.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Suarajabar, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bandung Barat Hendra Trismayadi mengatakan, pihaknya sudah lama menerbitkan KK bagi pasangan yang nikah siri.

Meski pernikahannya tidak tercatat negara, namun peraturan yang tertuang dalam aturan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri diharuskan terdata dalam KK.

“Sudah bisa dari dulu dan aturannya juga dari pusat, cuma baru ramai sekarang. Padahal, sudah sesuai dengan undang-undang perkawinan,” ujarnya.

Namun Hendra menjelaskan bahwa dalam pencatatan perkawinan di KK bagi pasangan yang nikah siri sedikit berbeda dengan pasangan yang nikah secara sah.

“Untuk pasangan nikah siri, tetap bisa dibuatkan KK dengan status perkawinannya, kawin belum tercatat. Kita buatkan KK itu supaya ada perlindungan hukum buat anaknya,” katanya.

Meski demikian, Hendra tidak sembarangan menerbitkan KK bagi pasangan yang nikah siri. Mereka harus sudah memenuhi persyaratan yang diwajibkan terlebih dahulu.

Syarat untuk pasangan nikah siri yang ingin mendapatkan KK harus mengisi F-1, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) perkawinan belum tercatat yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak, dan beberapa syarat lain-lain. Jika semua syarat itu sudah terpenuhi, maka mereka akan dilayani dalam menerbitkan KK.

D For GAEKON