Meski Patok Harga Tinggi, Pabrik Ivermectin Di Cianjur Tak Dipidana, Ini Alasannya!

0

Meski Patok Harga Tinggi, Pabrik Ivermectin Di Cianjur Tak Dipidana, Ini Alasannya!Gaekon.com – Pabrik Obat Ivermectin dan Azitromisi di Cianjur, Jawa Barat yang sempat digerebek Polisi lantaran mematok harga tinggi tidak diproses lebih lanjut.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Mereka hanya diminta membuat surat pernyataan tidak akan menjual obat tersebut dengan harga tinggi.

Alasan Pabrik Ivermectin Tak Diproses Lebih Lanjut

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Helmy Santika menerangkan alasan pihaknya tak memproses pabrik itu secara hukum.

Hal ini lantaran mereka tak tahu harga jual yang dipasarkan para penyuplai. Mereka hanya menerima pesanan dan melakukan produksi seperti biasa.

“Mereka pabrik, hanya menerima pesanan,” kata Helmy.

Helmy mengatakan penyidik mempertimbangkan lebih jauh soal kondisi kedaruratan dan kebutuhan obat saat ini.

Penyidik melakukan restorative justice, dengan meminta pabrik membuat surat pernyataan tidak akan menjual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Setuju untuk dijual sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi),” ujar Helmy.

Sebelumnya, Dittipideksus Bareskrim Polri menggerebek pabrik obat Ivermectin dan Azitromisi di Cianjur, Jawa Barat. Pabrik tersebut menyuplai obat-obatan terapi Covid-19 lalu dijual dengan harga tinggi.

Dalam penggerebekan itu ada 178.000 butir obat dari berbagai jenis yang diyakini sebagai terapi Covid-19. Selain itu juga ditemukan bahan baku obat sebanyak 125 kg yang bisa diolah menjadi 300.000 butir.

D For GAEKON