PBNU Minta Kualitas Pengeras Suara Masjid Diperbaiki, Ketua PBNU: Jika Diperbaiki Pasti Nyaman Dan Enak Didengar

0

PBNU Minta Kualitas Pengeras Suara Masjid Diperbaiki, Ketua PBNU: Jika Diperbaiki Pasti Nyaman Dan Enak DidengarGaekon.com – PBNU meminta pemerintah untuk memperbaiki kualitas pengeras suara masjid. Menurut Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur), jika kualitas sound system masjid diperbaiki pasti akan nyaman dan enak didengar.

Melansir dari Detik, Gus Fahrur bahkan mengusulkan adanya tambahan pelatihan teknisi speaker.

PBNU Setuju Pengaturan Suara Masjid

“Sangat bagus jika pemerintah membantu peningkatan kualitas sound system masjid agar nyaman dan enak didengar, banyak juga speaker masjid yang kurang enak. Mungkin perlu tambahan pelatihan teknisi speaker,” katanya.

Pada prinsipnya, PBNU setuju mengenai pengaturan suara masjid itu namun tetap memberikan sejumlah catatan.

“Saya kira memang pemakaian speaker masjid memang perlu dibatasi oleh kearifan, agar tidak mengganggu lingkungan namun juga jangan menghilangkan atau mengurangi syiar agama. Berapa keras yang diperlukan, dan durasi yang dianjurkan tentu tidak bisa disamakan satu tempat dengan lainnya, bergantung situasi dan kondisi masyarakat,” ujar Gus Fahrur.

Gus Fahrur menjelaskan bahwa pengaturan tersebut untuk menciptakan harmoni sesama umat beragama.

Menurutnya, pengaturan pengeras suara seharusnya tidak hanya berlaku bagi masjid, tapi juga untuk agama lain.

“Tentunya juga berlaku untuk agama lain yang juga memakai speaker atau dentang genta yang juga keras dan lama. Intinya saling menghargai satu sama lain,” ujarnya.

Gus Fahrur kembali menegaskan agar kualitas suara speaker perlu dijaga agar terdengar nyaman dan tidak memekakkan telinga.

“Intinya kita sepakat ada pembatasan yang bijaksana, agar saling harmoni dan diterapkan dengan kearifan lokal. Kualitas suara speaker juga perlu dijaga agar terdengar nyaman dan tidak memekakkan telinga seperti Masjid Al-Haram,” terangnya.

Pernyataan itu disampaikan Gus Fahrur untuk menanggapi terbitnya surat edaran Menag Yaqut Cholil Qoumas yang mengatur tentang penggunaan pengeras suara masjid dan musala.

D For GAEKON