PDIP: Ada Perubahan Peta Politik di Pilwakot Surabaya

0

Gaekon.com – Dalam Pilwalkot Surabaya, PDIP masih belum mengumumkan siapa calon kepala daerah untuk pengganti Tri Rismaharini. Mengenai hal tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya akan mengubah peta politik untuk menjaga basisnya di Surabaya.

“Kami akan jaga basis tersebut dengan sebaik-baiknya dengan penuh kekompakan, penuh soliditas. Karena itulah akan terjadi perubahan peta politik terkait dengan dukungan paslon,” kata Hasto saat konferensi pers daring usai pengumuman 75 cakada PDIP, Selasa (11/8/2020).

Seperti yang diketahui sebelumnya, sebelum Risma menjadi wali kota, kader PDIP yang memimpin Surabaya adalah Bambang DH. Maka dari itu, Surabaya merupakan salah satu basis kuat PDIP. Maka jangan heran jika selama 20 tahun, PDIP menjadi partai dengan suara terbanyak di Surabaya.

“PDIP telah dipercaya rakyat selama 20 tahun memimpin Kota Surabaya dan kami tahu di bawah kepemimpinan Bambang DH dan Bu Risma, Kota Surabaya mencapai kemajuan yang luar biasa,” tuturnya.

Untuk cawalkot pengganti Risma, Hasto mengatakan akan diumumkan dalam momentum politik secara terpisah. Sehingga nantinya, pengumuman siapa yang akan diusung PDIP untuk Pilwalkot Surabaya akan diumumkan pada cakada tahap keempat.

“Untuk itu, hal-hal yang baik tentunya akan kami lanjutkan. Karena itulah pengumuman kota Surabaya pun akan kami lakukan dalam momentum politik terpisah,” tandas Hasto.

Selain itu, sejumlah nama telah diusulkan oleh PDIP Surabaya ke DPP PDIP. Setidaknya ada enam nama yang diusulkan yakni, Wakil Wali Kota Wishnu Sakti Buana, pengurus DPC Surabaya Dyah Katarina, dan sebagai calon wakil wali kota ada Armuji, Anugrah Ariyadi, Ony Setiawan, dan Eddy Tarmidi.

“Itulah kader-kader lokal Kota Surabaya yang saat ini sedang berproses membangun dukungan di masyarakat dan namanya masuk dalam penjaringan pendaftaran itu. Iya dong sudah kami kirim (ke DPP) melalui kantor DPD PDIP Jatim,” kata Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono saat dihubungi, Jumat (7/8/2020) seperti yang dikutip dari Kumparan.com.

Sementara itu, untuk kandidat kuat di Pilwalkot Surabaya saat ini ada Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Sebelumnya, Machfud sudah mengantongi dukungan dari delapan parpol yaitu PKB, PPP, NasDem, Golkar, Demokrat, PAN, Gerindra dan PKS.

Z For GAEKON