PDIP Usul Jokowi Pecat Menteri Yang Masih Bahas Presiden 3 Periode

0

PDIP Usul Jokowi Pecat Menteri Yang Masih Bahas Presiden 3 PeriodeGaekon.com – PDIP menanggapi tegas soal para menteri yang masih menyuarakan wacana penundaan pemilu. Juru bicara PDI Perjuangan, Deddy Yevri Hanteru Sitorus menyarankan agar mereka dipecat.

Pemecatan Menteri Adalah Hak Prerogatif Presiden

Melansir dari Suara.com, urusan pemecatan menteri menurut Deddy merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Maka dari itu, jika dirasa masih ada menteri yang melakukan manuver terkait wacana presiden 3 periode, maka Jokowi diminta tidak ragu untuk memecatnya. Pasalnya, wacana-wacana tersebut dinilai sebagai pelanggaran konstitusi dan menjatuhkan martabat kepala negara.

Sebab itu sama saja dengan pembangkangan dan menjatuhkan martabat Presiden,” ucap Deddy.

Deddy menilai ketidaksetujuan Presiden Jokowi terhadap wacana penundaan pemilu akan disampaikan tepat pada waktunya. Terlebih, wacana itu juga merupakan sebuah aspirasi yang pasti terjadi dalam demokrasi.

Feeling saya, Pak Presiden akan menyampaikan hal itu pada waktunya, beliau lebih tahu kapan saatnya untuk menyampaikan itu,” kata Deddy.

Deddy mengingatkan publik jika Presiden Jokowi sudah berulang kali menyampaikan sikapnya terhadap konstitusi yang sudah mutlak dan tanpa syarat.

Maka, seluruh wacana presiden 3 periode hingga penundaan pemilu harus dihentikan. Hal ini hanya bisa berubah jika ada persoalan darurat yang mengancam jalannya pemerintahan dan kelangsungan bangsa.

Konstitusi seharusnya dijaga dan dihormati, meskipun bukan kitab suci. Dan isu penundaan pemilu dan alasan yang selama ini dilontarkan tidak memenuhi alasan konstitusional dan ‘keterpaksaan’ yang bersifat darurat,” jelas Deddy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan jajaran menterinya untuk tidak berbicara mengenai masa jabatan presiden 3 periode ataupun penundaan pemilu.

D For GAEKON