71 Pelajar SMP Di NTT Keracunan Usai Santap Nasi Bungkus

0

71 Pelajar SMP Di NTT Keracunan Usai Santap Nasi BungkusGaekon.com – Usai menyantap makan siang bersama pada Selasa (5/10), sebanyak 71 pelajar SMP di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur keracunan massal.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Dari 71 pelajar, 10 orang dilarikan ke Puskesmas Panite. Sedangkan 61 orang diobservasi selama 1 x 24 jam oleh dokter dan staf Dinas Kesehatan Kabupaten TTS.

Kasus ini bermula saat puluhan pelajar mengikuti ujian asismen kompetisi minimum di SMPN Amanuban Selatan. Setelah selesai ujian, mereka menyantap konsumsi nasi bungkus yang disediakan oleh pengurus seksi konsumsi sekitar pukul 13.00 Wita.

Saat itu pengurus memesan 117 nasi bungkus dengan lauk bervariasi mulai dari ikan, telur, daging ayam dan daging babi di sebuah kedai di Kecamatan Amanuban Selatan.

Beberapa saat kemudian setelah konsumsi makan siang, puluhan murid dan para guru mulai mual, gatal-gatal, muntah-muntah hingga sakit kepala.

Melihat keadaan tersebut, guru dari masing-masing sekolah langsung membawanya ke Puskesmas Panite.

Untuk diketahui, Mereka berasal dari tiga sekolah yakni i SMPN Satu Atap Hautenu Desa Oekiu dan SMPN Kobekaka, Desa Enoneten, Kecamatan Amanuban Selatan dan SMP Amsal Fatububut, Desa Oe Ekam, Kecamatan Noebeba.

Kapolsek Amanuban Selatan Ipda Maks Tameno, mengatakan dari 71 siswa, 21 pelajar dari SMPN Satu Atap Hautenu, 40 pelajar dari SMPN Kobekaka dan 10 orang dari SMP Amsal.

Maks menerangkan bahwa pihaknya telah memanggil pemilik warung makan untuk dimintai keterangan. Sementara pihak Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, telah mengambil sampel dari sisa makanan yang di konsumsi para korban untuk diuji di laboratorium.

D For GAEKON