Pelatih Timnas Inggris Ingin Sancho Bertahan Saja

0

Gaekon.com – Tampil gemilangnya Jadon Sancho membuka asa kembalinya pemain asal Inggris tersebut untuk bermain dikampung halamannya. Potensi tersebut semakin membesar setelah Manchester United dan Liverpool tengah menjadikan dirinya sebagai target utama dalam perburuan transfer musim panas tahun ini.

Hal ini membuat pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate ikut menanggapi kabar tersebut. Soutgate berpendapat bahwa, meski dirinya tertarik ingin melihat kemampuan adaptasinya Sancho di Inggris. Namun Southgate mengindikasikan bahwa Sancho lebih baik bertahan di Dortmund.

“Saya rasa kuncinya adalah dia harus bermain. Hal bagus dari dia bermain di Dortmund adalah dia tampil secara reguler. Dia bermain di tim yang diperkirakan mencapai level tertentu di hadapan 80 ribu penggemar setiap pekannya sebelum periode ini,” kata Southgate kepada Telegraph.

Ia mengatakan bahwa liga di Inggris akan membuat konsentrasi Sancho terbelah. Mengingat Premier League adalah liga yang memiliki kultur dan filosofi permainan yang amat kental. Sehingga tantangan dalam bermain memang memiliki rasa yang sangat berbeda.

“Tekanan di Liga Champions adalah bonus lainnya dan keharusan untuk menantang Bayern Munich. Premier League akan memberikan tantangan berbeda. Saya rasa kedalaman liga di Inggris itu lebih intens dalam hal kualitas,” kata Southgate.

Ia juga mengatakan, dalam persoalan timnas, Southgate membuka peluang seluas-luasnya bagi siapapun yang dirasa mampu dan layak membela timnas. Southgate juga menambahkan bahwa, dirinya tidak membeda-bedakan siapapun yang ingin bersaing untuk masuk dalam skuad timnas Inggris dibawah kendalinya.

“Dari sudut pandang pribadi, untuk timnas Inggris apapun jalur yang terbuka saya rasa positif, karena dia akan bermain di Dortmund. Dia akan bermain di klub bagus. Dia ditangani dengan baik oleh staf di sana. Mereka memberikan pesan-pesan yang tepat.”

Bagi Southgate, ia menilai tidak ada sesuatu hal yang minus jika Sancho lebih baik bertahan di Dortmund. Sehingga ketika ia pindah di Premier League, Southgate khawatir, performanya akan tidak stabil karena adaptasi yang baru. Hal ini akan berdampak pada performa penampilannya.

“Jadi ya tidak ada ruginya buat kami kalau dia bertahan di Dortmund, dan kalau kita melihatnya bermain di Premier League, maka itu akan memberikan kesempatan berbeda di lingkungan yang berbeda, dan bisa melihat bagaimana dia beradaptasi dengan itu.”

Intinya, Southgate berharap Jadon Sancho selalu bermain secara stabil dimanapun ia berada. Sehingga, Southgate menganggap performa bagusnya Sancho dilihat dari seberapa banyak ia bermain secara reguler. Hal ini bagus untuknya, karena Southgate menilai bahwa usia Sancho masih muda dan penting bagi Sancho untuk perlu mempelajari banyak hal.

“Tapi hal terpentingnya adalah dia terus bermain secara reguler, dan di usianya hal itu penting buat pelajaran dan peningkatan diri,” pungkasnya.

Z For GAEKON